Usai mengumumkan kehadiran Moto Guzzi V7 Stone di Tanah Air PT Piaggio Indonesia coba membedah detail ubahan dari Moto Guzzi V7 Stone. Jika melihat dari generasi sebelumnya Moto Guzzi V7 Stone jelah mendapat ubahan yang cukup besar.

Yang paling kentara adanya peningkaatan pada sektor mesin, dari yang awalnya 750cc menjadi 850cc. “Mesinnya tidak lagi 750 cc, tapi sekarang 850 cc yang sudah Euro5. Tenaganya tentu lebih besar dan torsi luar biasa, bukan hanya nambah cc tapi mesinnya benar-benar baru. Menggunakan semi dry crankcase, yang membuat olinya lebih sedikit meskipun kapasitas mesin lebih besar,” ujar Yudi Riswanto selaku Technical Training Manager PT Piaggio Indonesia.

Ubahan lain ada pada bagian rangka, Yudi mengklaim kini rangka lebih rigid dan membuat motor bisa lebih stabil. Mesin 850cc membuat gardan berubah untuk mengantarkan tenaga yang lebih maksimal. Untuk membuat anda yang boncengan lebih nyaman supensi belakang travel dan posisi juga turut menyesuaikan. Begitu juga pada bagian knalpot yang ditambahkan heat protection. Dan bagian kaki kaki seperti velk dan ban yang lebih lebar.

Dari sisi fitur kini penerangan depan dan belakang sudah menggunakan LED. Pada lampu depan identitas Moto Guzzi yaitu burung elang tetap melekat. Panel instrumen terbilang lengkap dengan adanya trip, rata-rata bahan bakar, sisa bahan bakar, dan kontrol traksi level. Moto Guzzi V7 Stone mendapat dua pilihan warna Arancione Rame dan Nero Ruvido dengan harga Rp 535 juta untuk on the road DKI Jakarta.

Berikut Detail Spesifikasi Moto Guzzi V7 Stone

Mesin: Transversal 90 derajat, V-Twin, 2 katup per silinder, 853 cc, berpendingin udara
Bore x Stroke: 84 mm x 77 mm
Tenaga Maksimal: 65 hp di 6.800 rpm
Torsi Maksimal: 73 Nm di 5.000 rpm
Girboks: 6 percepatan

Suspensi Depan: Hidrolik teleskopik suspensi 40 mm
Suspensi Belakang: Twin side, two spring preload adjustable
Rem Depan: Stainless steel floating disk 320 mm, Brembo 4 piston
Rem Belakang: Stainless steel 260 mm, floating 2 piston kaliper
Ban Depan: Lightweight Alloy 100/90-18
Ban Belakang: Lightweight Alloy 150/70-17

Tinggi Jok: 780 mm
Berat Kering: 198 kg
Berat isi: 218 kg
Kapasitas Tangki: 21 liter