Gebrakan baru diumumkan oleh pabrikan Jepang, Nissan bagi pasar Cina. Sebuah sedan baru bernama Lannia dikenalkan dan tercatat sebagai kendaraan Jepang pertama yang khusus didesain untuk kaum muda China.

Nama Lannia diambil dari bahasa Cina lan niao, yin xiang yang berarti impresi burung biru. Istilah tersebut mengacu kepada sedan kecil lawas Nissan bernama Blue Bird yang sempat mengalami ketenaran di era-era 50’an. Meski begitu Lannia berdimensi medium yang mana lebih terlihat sebagai percampuran antara Nissan Friend-Me dan konsep Lannia yang diperkenalkan beberapa waktu yang lalu.

Memang terlihat bila Nissan tidak merombak total desain konsep Lannia, malahan tetap setia dengan apa yang dtawarkan oleh konsep tersebut. Hal tersebut ditunjukan melalui sebuah tiser siluet memperlihatkan lampu depan kaku nan bersudut berdampingan dengan LED berbentuk boomerang. Alur desainnya pun dibuat lebih mengalir namun tegas.

Nissan berujar bila Lannia terinspirasi oleh “rising generation” Cina yang digambarkan sebagai pribadi yang enerjik dengan segudang nilai-nilai aspirasi. Kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai entrepreneur yang gemar sekali terhadap perkembangan teknologi.

Saat diluncurkan pada 20 April mendatang, Nissan mengharapkan bila sedan Lannia akan sanggup berkontribusi dalam mengejar target penjualan sebesar 2 juta unit di Cina, yang setara dengan 10 persen market keseluruhan.