2015-ferrari-t-receives-artist-fabian-oefner-s-approach-epic-video_1
Sejak kelahirannya di bumi otomotif, Ferrari memang terkenal sebagai pabrikan yang kerap menelurkan produk dengan ciri tersendiri. Dan tanpa transfusi modifikasi, ragam produk yang mereka ciptakan sudah memiliki tampilan yang mampu memukau mata penggemarnya. Lalu apa jadinya jika pabrikan berlogo kuda jingkrak tersebut merelakan satu model grand tourer terbaru dari seri California T convertible untuk diacak-acak oleh salah satu seniman asal Swiss, Fabian Oefner, dengan media wind tunnel dan cat neon.

Ya, produsen supercars asal Marranelo, Italia tersebut sengaja menghibahkan salah satu produk hard top convertible teranyarnya, hanya untuk membuktikan bahwa edisi new California T nya itu termasuk dalam jajaran karya seni modern. Trik marketing? Bisa jadi. Lantaran pabrikan bentukan Enzo Ferrari tersebut tampak ‘legowo’ saat tubuh salah satu produk bermesin V8 3,9-liter twin-turbocharged 552hp dengan torsi 557lb-ft paling gresnya itu dilukis oleh Fabian Oefner, salah seorang seniman “disintegrating cars” asal Swiss yang doyan memainkan corak, untuk menyelimuti mobil jenis Grand Tourer teranyar ini dengan percikan fluorescent paint dalam sebuah terowongan angin yang biasa digunakan untuk menyoroti sisi aerodinamika mobil.

Ya, secara tak langsung Ferrari ingin menginformasikan, bahwa kendaraan yang punya waktu tempuh 3,5detik di akselerasi 0-100km/jam terbaru-nya ini, memiliki sedikit perubahan di garis tubuhnya, yang lebih tajam di beberapa tepi juga sedikit perbaikan desain buritan bagian bawah, yang tampil lebih kaku dari model sebelumnya.Untuk melengkapi paket supercar seharga US$202.000 tersebut, pabrikan Ferrari memang sengaja membesut trim tertinggi dari seri ini dengan pilihan mesin turbocharged dan meningkatkan sisi aerodinamika, sehingga California T tersebut dapat mereduksi tingkat konsumsi bahan bakar di jalan raya-nya mencapai 10,2 km/liter.