Kantuk memang sering menjadi musuh utama bagi pengendara kendaraan bermotor. Tidak terbatas bagi pengguna mobil saja, namun juga bagi para pesepeda motor, kantuk acapkali menjadi alasan untuk sebuah kecelakaan. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini adalah tips ampuh mengatasi kantuk kala berkendara:

Tidak monoton
Kantuk acapkali terjadi apabila pengendara berada dalam jalur yang berbentuk sama dalam jangka waktu yang lama. Hal ini kerap terjadi di perjalanan panjang antar kota, terutama di jalan tol. Maka dari itu disarankan untuk sering menengak-nengok pemandangan di kiri-kanan kala melakukan perjalanan jauh demi perubahan pandangan.

Kerap melakukan istirahat
Berkendara adalah sebuah aktifitas yang membutuhkan tingkat konsenterasi yang tinggi, baik untuk saraf motorik maupun sensorik. Maka dari itu baik pengguna mobil maupun sepeda motor disarannkan untuk berhenti untuk beristirahat setiap dua jam sekali. Hal itu harus dilakukan guna mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Namun perlu dicatat, jangan terlalu lama. Cukup 10 – 15 menit saja supaya badan tidak kehilangan fokusnya.

Bernafas sesering mungkin
Hal ini mungkin terdengar konyol namun sebenarnya inilah yang paling penting. Dido, instruktur mengemudi dari Motorcycles Academy Indonesia memaparkan bila pengemudi dapat menjadi terlalu tegang bila kekurangan asupan oksigen di otak. Dan hal tersebut disebabkan karena terlalu berkonsentrasi sehingga lupa untuk bernafas. Padahal oksigen adalah hal utama yang dibutuhkan otak agar dapat tetap bekerja. Maka dari itu disarankan untuk sesering mungkin bernafas dan membuat badan tetap dalam keadaan rileks supaya asupan oksigen dalam otak tetap terjaga.

image: www.lifesafer.com