Smartphone memang tidak selamanya smart, sih. Terlepas dari fiturnya yang kaya, ia masih menyimpan banyak kekurangan. Salah satu masalah yang kerap menjengkelkan adalah cepat panas. Seperti pengalaman yang ditemui oleh para engineer GM saat melakukan pengetesan fitur wireless charging pada salah satu model Chevrolet yang sedang dikembangkan.

Isu overheat itu semakin menjadi saat sengatan matahari di luar begitu terik. Menurut siaran resmi GM, beberapa smartphone malah tidak bisa melakukan pengisian baterai atau mati saat mengalami panas berlebih di dalam kabin mobil.

Atas dasar temuan tersebut Chevrolet berinisiatif menawarkan solusi yang simpel tapi canggih. Mereka menyisipkan semacam cooler yang berfungsi mendinginkan smartphone milik pengendara saat menggunakan fitur wireless charger di dalam mobil.

Cara kerja fitur yang mereka beri nama Active Phone Cooling ini sebetulnya sangat sederhana. Secara teknis, fitur ini beroperasi layaknya wireless charger pada umumnya tapi Chevrolet membuat ventilasi untuk menyemburkan udara segar yang mengarah langsung ke tempat dimana smartphoneitu ditaruh.

“Inovasi tidak harus menciptakan kembali sebuah kendaraan,” kata engineer Chevrolet Dan Lascu. Tapi juga aspek-aspek yang menunjang kebutuhan pengendaranya. Ia pun menambahkan, “Kadang kesederhanaan memberi solusi paling elegan untuk sebuah masalah.”

Fitur Active Phone Cooling ini rencananya bakal disematkan pada beberapa model Chevrolet yang akan mengaspal pada tahun 2016.