China Oil Prices_HaysJika Anda harus memilih nama-nama yang dapat merepresentasikan dedikasinya di dunia otomotif, Carroll Shelby mungkin harus mengisi deretan teratas. Kiprahnya di dunia balap baik sebagai driver maupun manager serta kesuksesannya merubah citra Ford Mustang sebagai salah satu muscle car bernafas mobil sport ternama di dunia membuatnya pantas menyandang gelar The Living Legend. Visinya untuk membuat sport car Amerika makin bertaji di dunia kendaraan super performa, membuat Shelby masih tetap berkreasi hingga saat ini. And his legacy continues, on a fast track for sure.

Young And Talented

Kendati harus menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di atas tempat tidur akibat bocornya katup jantung, tidak membuat pria kelahiran 11 Januari 1923 tersebut hilang asa. Bahkan di usianya yang ke 15 bakat balap Carroll Shelby sudah mulai terlihat. Di atas mobil Willys hadiah dari sang ayah, Warren, Shelby muda kerap mengasapi lawan-lawannya di ajang balap liar yang sering digelar di Rail Road, Dallas. Nasib buruk pun harus diterimanya saat ditilang polisi lantaran melanggar batas kecepatan. Akibatnya, sang ayah melarang Carroll berkendara selama 6 bulan.Carroll Shelby

Saat bergabung dengan Angkatan Udara di tahun 1941, pria yang harus memakan 12 pisang tiap hari untuk memenuhi berat minimal di US Air Force ini langsung menerbangkan pesawat latih dan pindah menjadi test pilot. Guna menambah jam terbang, Carroll selalu memanfaatkan waktu liburnya untuk berlatih menerbangkan pesawat. Meski sempat merusak dua pesawat akibat terbakar dan pendaratan darurat namun suami dari Jeanne Field ini tidak pernah mengalami luka yang parah.

A Career Was Launched

Lepas sebagai penerbang, Carroll Shelby sempat bereksperimen dengan mencoba beberapa bidang yang sama sekali baru baginya. Mulai dari pekerja kasar di tambang minyak, pengaduk beton hingga beternak ayam. Tidak lama menjalani pekerjaan ini akibat matinya 40 ribu ekor ayam yang diternakkan di ranch miliknya akibat Newcastle Disease, ayah dari Sharon, Michael dan Patrick ini mulai melanjutkan hobinya di balap mobil.  Berbekal mobil pinjaman, Carroll berhasil menggondol gelar pertama dan empat predikat juara lainnya di sebuah sirkuit di Norman, Oklahoma tahun 1952.

Karirnya berlanjut dua tCarroll Shelby with Shelby Cobraahun kemudian  dengan merebut beberapa gelar terhormat di ajang balap Sport Car Club of America. Hingga di tahun 1957 ia berhasil memenangkan 40 kali balapan dan hanya kalah 6 kali di gelaran yang sama. Gaung bersambut. Gemilangnya kiprah penyandang predikat Driver of The Year tahun 1956 dan 1957 dari majalah Sports Illustrated ini membuat John Wayer merekrutnya untuk disandingkan dengan Roy Salvadori di tim Aston Martin yang bertarung di kancah LeMans 24 Hours. Di tahun 1958, ia berhasil meraih peringkat pertama di balap ketahanan legendaris tersebut dengan membukukan rekor kecepatan hingga 180 km/jam.

The Beginning of New Era

Tepat dua tahun setelah kemenangan tersebut, Carroll Shelby terpaksa mengakhiri karirnya di dunia balap akibat penyakit jantung yang kembali menderanya. Malah, pada balapan terakhirnya di atas Tipo 61 Birdcage Maserati pada ajang The Pacific Grand Prix for Sports Car di sirkuit Laguna Seca, pria yang sempat mengasapi Phil Hill di sirkuit Torey Pines tersebut terpaksa menelan tablet nitroglycerine untuk mengurangi rasa sakitnya. Meski berhenti, namun ia tetap melanjutkan dedikasinya terhadap dunia yang sangat dicintainya dan beralih profesi menjadi desainer mobil balap. Karir barunya dimulai saat dirinya mencangkokkan mesin Ford V8 289ci dan 427ci pada tubuh mobil produksi AC Motor Cars yang kemudian disematkan nama Shelby Cobra. Carroll-Shelby-with-Mustangs-and-Cobra

Setelah berhasil merebut gelar World Manufacturer’s Championship bersama tim Shelby American di tahun 1965, Carroll juga meraih mahkota juara tahun 1966 dan 1967  di atas Mark IV Ford GT 40 kreasinya pada balap ketahanan LeMans 24 Hours. Setelah bertahun-tahun mempertahankan dominasinya di dunia balap, karir Carroll Shelby pun mulai meredup. Imbasnya, Ford pun kemudian memutuskan hubungan kerja sama dengannya di tahun 1970. Sempat bekerja untuk Chrysler yang menelurkan prototipe Viper, baru 20 tahun kemudian  ia meluncurkan sebuah mobil balap untuk para pemula berjuluk Can-Am Spec Racer. Wajar saja jika Carroll Shelby masuk dalam International Motorsport Hall of Fame di tahun 1991 serta menyandang penghargaan dari received the Kruse International Collector Car Hall of Fame Award tahun 2002 hingga Robert E. Petersen Lifetime Achievement Award tahun 2003.