Ditengah situasi wabah virus Corona atau COVID-19 yang semakin menambah angka masyarakat terjangkit, saat ini kebersihan menjadi konsentrasi utama orang-orang agar tidak terpapar COVID-19. Kabin mobil menjadi salah satu yang wajib menjadi perhatian para pengendara mobil agar kebersihannya selalu terjaga.

Selain membersihkan kabin menggunakan cairan disinfektan khusus yang tidak merusak komponen interior, sistem penyejuk udara atau Air Conditioning (AC) juga patut dijaga kebersihannya. Salah satunya dengan melakukan ozoning dan fogging atau penguapan menggunakan cairan khusus yang mengandung disinfektan untuk membasmi bakteri yang ada di sistem AC dan kabin.

Cairan ozone dimasukan menggunakan mesin khusus ke bagian blower dan evaporator AC

Lantas seberapa perlu dan efektif melakukan perawatan ini agar kondisi kabin tetap bersih dan jauh dari bakteri yang mengancam? Djani, Service Advisor dari Rotary AC Bintaro menyebutkan ozoning dan fogging cukup penting untuk dilakukan ditengah wabah COVID-19 yang mulai merambah ini sebagai langkah antisipasi terpaparnya kabin mobil dari bakteri jahat yang berpotensi mengganggu kesehatan.

“Proses ozoning dan fogging yang kami lakukan menggunakan obat khusus yang mengandung disinfektan untuk membunuh bakteri dan membersihkan sistem AC dari kotoran atau partikel debu yang menempel. Otomatis sirkulasi penyejuk ruangan kabin jadi lebih bersih dan sehat,” ujar Djani di tempat kerjanya, Rotary AC, Jl. RC Veteran No. 1A, Tanah Kusir, Bintaro.

Fogging menggunakan obat mengandung disinfektan dan alat penguapan khusus untuk membersihkan bakteri di kabin

Djani menambahkan, sebaiknya melakukan ozoning dan fogging ini dilakukan secara rutin untuk memastikan kabin tetap bersih dan sehat. “Untuk ozoning sebaiknya dilakukan paling tidak satu bulan sekali, sementara untuk fogging dilakukan setidaknya dua bulan sekali,” ujar Djani.

Proses ozoning dengan cairan yang diembuskan langsung ke kipas blower dan evaporator dipercaya dapat membersihkan keduanya dari partikel debu, dan kotoran yang menempel pada sistem AC tersebut. Sementara proses fogging dengan cairan khusus mengandung disinfektan sebanyak 100 ml diklaim dapat mematikan bakteri jahat dalam kabin hingga ke sela-sela bagian yang sulit terjangkau tangan.

Hasil fogging atau penguapan cairan berdisinfektan yang dapat merambah bagian kabin hingga sudut terkecil

Sebagai biaya pengganti jasa dan obat-obatan yang dipakai, Rotary AC Bintaro membanderolnya dengan tariff yang cukup terjangkau. Untuk proses ozoning dikenakan tarif sebesar Rp 150 ribu per mobil, sementara proses fogging juga dibanderol dengan biaya yang setara yakni Rp 150 ribu.

Selain melakukan kedua proses diatas, sebagai prosedur tetap Rotary AC Bintaro juga melakukan pemeriksaan sistem AC dan kendaraan secara gratis sebagai bentuk layanannya kepada konsumen.

Cairan khusus mengandung disinfektan yang bertugas untuk membasmi bakteri

Langkah ini juga dapat Anda lakukan di tempat lain asal dapat dipastikan penyedia jasa menggunakan obat-obatan yang benar mengandung disinfektan serta aman bagi komponen di dalam kabin.