FORD_CEO_37389015

Chief Executive Officer (CEO) Ford, Mark Fields, memprediksi era mobil otonom akan dimulai pada 2020 “Mungkin dalam lima tahun kedepan,” ujarnya (7/1).

Pernyataan yang dilemparkan di pembukaan Consumer Electronics Show (CES), Las Vegas, ini jelas mengundang banyak spekulasi. Dia pun menyatakan pandangannnya akan perkembangan mobil otonom.

“Kendaraan otonom penuh adalah sebuah kemungkinan yang masuk akal. Saya mengharapkan untuk melihat mobil yang mengendarai dirinya sendiri di jalanan negeeri ini pada akhir decade ini,” terangnya.

Memang teknologi mobil otonom menjadi sebuah isu yang sedang disorot dalam beberapa tahun terakhir. Di CES saja Audi dan Mercedes-Benz sudah memamerkan varian otonom mereka. Audi tampil pede dengan A7 Sportback dan Mercedes-Benz dengan mobil konsep otonom F 015 mereka. F 015 sendiri menampilkan setir kemudi yang dapat benar-benar dibenamkan di dalam dasbor.

Sedangkan beberapa pabrikan yang lain telah bersumpah untuk menjual kendaraan otonom mereka dalam beberapa tahun ke depan. Diantaranya adalah General Motrs, Cadillac dan Nissan.