Selama empat tahun Rolls-Royce berusaha mewujudkan mimpi mereka untuk mengembalikan kebesaran nama Dawn. Cabriolet empat pintu yang dianggap mewakili dua hal, warisan sejarah sekaligus inovasi.

Rolls-Royce Dawn 8

Hingga akhirnya, Selasa malam (8/9) pabrikan yang bermarkas di Buckingham Gate London tersebut memperkenalkan “Sang Fajar” secara serentak di seluruh dunia.

Rolls-Royce Dawn 3

“Bagi kami mobil ini sangat penting. Kami membangun “keindahan” ini selama empat tahun. Bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan. Kami sangat bangga mobil ini ada bersama Rolls-Royce motorcar,” ujar CEO Torsten Müller-Ötvös.

Rolls-Royce Dawn

CEO Torsten Müller-Ötvös melihat ada pasar yang baik pada segment cabriolet empat bangku. Hingga akhirnya Rolls-Royce memutuskan untuk membuat Dawn. Namun, tak seperti cabrioumumnya yang hanya memiliki dua bangku, Dawn hadir lebih fungsional.

Rolls-Royce Dawn 4

“Satu-satunya alasan kami membuat mobil ini ialah untuk memberikan penumpang empat orang dewasa bisa menikmati ruang yang lapang di bagian belakang,” ungkapnya.

Rolls-Royce Dawn 6

Dengan begitu, bisa dibilang Dawn merupakan mobil Rolls-Royce yang paling stylish untuk bersosialisasi. CEO Torsten Müller-Ötvös juga mengatakan, kalaupun ada cabriolet dengan kapasitas bangku yang sama, tentunya tak akan punya kabin seluas Dawn. Sehingga menimbulkan “kesengsaraan” tersendiri bagi penumpang yang ada di belakang.

Rolls-Royce Dawn 7

Dawn diharapkan bisa meningkatkan angka penjualan Rolls-Royce kedepan. Dimana saat ini Amerika Serikat masih menjadi penyerap terbesar produk-produknya. Walau begitu, CEO Torsten Müller-Ötvös juga melihat ada potensi besar di kawasan Asia.

Rolls-Royce Dawn 1

Nama Dawn pernah lahir pada awal era 1950an. Kini, Rolls-Royce menghidupkan kembali kecantikan mobil legendarsi tersebut dengan bodi yang membalut mesin Rolls-Royce 6.6 liter twit-tubo V12. Sementara itu, sistem transmisi 8-speed ZF gearbox Dawn menjanjikan kenyamanan pengendara saat menguak tenaga mobil seharga £250,000 atau sekitar Rp 5,5 miliar tersebut.