“We have been working on this project for quite some time. We have put our soul and our lives in to this. This bike was made not just to ride, but to modify.”

BMW-R-nineT-Cherrys-Company-5

Kata-kata di atas terlontar langsung dari mulut Ola Stenegar, sang Head of Design BMW Motorrad saat TheGaspolCom sedang terpaku menatap deretan motor modifikasi BMW R nineT yang dipajang di Yokohama Hot Rod Custom Show akhir tahun lalu. Motor-motor tersebut memang sengaja tampil sebagai bagian dari BMW R nineT Custom Project gelaran BMW Motorrad Jepang yang menggandeng 4 builder papan atas di sana. Salah satunya adalah Kaichiroh Kurosu.

BMW-R-nineT-Cherrys-Company-6

Custom builder yang menggawangi gerai bernama Cherry’s Company tersebut sengaja meracik BMW R nineT dengan terispirasi kedigdayaan petarung-petarung BMW di berbagai ajang balap masa lalu. Sebut saja BMW R32 pacuan Ernst Henne, penggondol gelar ‘World’s Fastets Motorcyclist’ di Targa Florio (1929), George Meier (Senior TT 1939), BMW 500cc Boxer milik Klaus Enders dan Ralf Engelhardt di balapan sidecar, hingga BMW R90S yang dibesut Helmut Dahne di kelas 1.000cc Production TT.

BMW-R-nineT-Cherrys-Company-7

Simak saja tarikan garis putih yang membujur di sepanjang body full fairingnya yang menurut kami memiliki aura BMW R32 yang cukup kental. Grafis serupa juga dijumpai pada kedok yang terintegrasi dengan lampu depan. Yang unik, bagian headlight dilapisi kaca film. Sehingga saat lampu LED dipadamkan, BMW R nineT berjuluk Highway Fighter ini tampak seperti menggunakan full fairing ala pacuan WSBK. Well, sesuatu yang berbeda dan tidak pernah dilakukan oleh Kurosu pada motor-motor yang dicustomnya sebelumnya.

BMW-R-nineT-Cherrys-Company-2

“Saya paham bahwa orang mengharapkan saya menerapkan sesuatu seperti yang pernah saya lakukan pada Harley-Davidson sebelumnya. Yang paling penting bagi custom builder adalah untuk siapa mereka membangun motor. Dan kali ini saya membangun motor ini memang untuk saya sendiri,” jelas Kurosu san.

 

BMW-R-nineT-Cherrys-Company-1

Sosok mesin boxer 1.170cc yang menyembul diantara balutan fairing tidak mengganggu karakter si Haighway Fighter. Justru mempertegas kesan agresif! Apalagi pria yang akrab dengan penggiat custom di Indonesia ini juga mencangkok cast alumunium head cover, serasi dengan konsep futuristis yang diterapkan pada body alumuniumnya.

IMG_5480

Senada dengan tema yang diusungnya, fork depan terpaksa dipensiunkan. Fungsinya kini digantikan oleh suspensi milik BMW S1000RR yang dimodifikasi menjadi lebih pendek agar tampilannya kian merunduk. Sudah cukup? Tentu saja belum! Selain memangkas bokong dan memodifikasi exhaust system, velg jari-jari bawaan R nineT juga dibuang. Posisinya diisi oleh velg RevTech berdimensi 18” di depan dan 16” di belakang.

BMW-R-nineT-Cherrys-Company-4

Segenap ide, kreativitas, tenaga dan dedikasi yang dicurahkan oleh peraih 3 kali mahkota Best of Motorcycle di Yokohama Hot Rod Custom Show tersebut membuat Highway Fighter kian sempurna. Sentuhan midasnya sanggup mengubah sebuah kanvas kosong menjadi karya seni bernilai tinggi, jauh melampaui ekspektasi orang terhadap sebuah motor custom. Well done!