Mobil dan musisi. Keduanya memang tak memiliki korelasi secara langsung. Namun dalam berbagai kesempatan, musisi kerap menyebutkan sebuah merek mobil dalam lirik di hasil karya lagunya.

Misalnya Janis Joplin dengan lagu Mercedes-Benznya yang menyebut ada merek Porsche didalam lagunya. Atau tembang berjudul Camaro yang diciptakan oleh King of Leon di era 1970-an.

Sebuah perusahaan publik yang bergerak di sektor otomotif dan jasa keuangan, Auto Nation, dalam sebuah studinya menyebutkan merek Chevrolet merupakan urutan teratas yang paling sering disebut didalam lirik sebuah lagu. Sementara secara berurutan dibawahnya, diduduki oleh Mercedes-Benz dan kemudian Cadillac di urutan ketiga.

Sementara itu, beberapa merek lain juga kerap mengisi lirik dari karya para pencipta lagu seperti Jeep, Dodge, Ford, Lincoln, Buick, Honda dan Mitsubishi.

Di tahun 1960-an, Cadillac terbilang cukup populer dan sering disebut dalam sebuah lirik lagu bertema Rock n Roll. Sementara Dodge dan Chevrolet berada dibelakangnya.

10 tahun kemudian di era 1970-an, Chevrolet mengambil alih tangga klasemen merek mobil yang paling sering disebut dalam sebuah lirik lagu. Di belakangnya Mercedes-Benz mengikutinya hingga hampi rtiga dekade.

Kondisi berbeda pada lagu-lagu bertema hip hop dan rap. Dari 10 musisi bergenre tersebut, seluruhnya kerap memasukan nama Mercedes dalam setiap lirik yang mereka nyanyikan. Merek lansiran Jerman ini begitu populer untuk para penganut musik bergaya beat cepat.

Chevrolet justru menempati posisi ketiga sejak tahun 2000-an namun beberapa musisi masih terus menyebut liriknya, yang membuat Chevy semakin terkenal. Seperti The Game, Lil’Wayne, Jay-Z, Big Tymers hingga Eminem.