Seri terakhir British Touring Car Championship (BTCC) 2015 yang berlangsung di Sirkuit Brands Hatch, Inggris (11/10) menghadirkan juara baru. Dalam ajang ini, Honda Yuasa Racing sukses meraih gelar juara untuk kelas pebalap dan kelas konstruktor. Tidak berhenti sampai di situ saja, prestasi ini menjadi bukti kehebatan All New Honda Civic Type R yang baru saja diperkenalkan di Geneva Motor Show 2015 Maret silam.

Sejak dibentuk tahun 2009 sebagai tim pabrikan. Honda tampil menggunakan Civic generasi ke-9 dan All New Honda Civic Tourer. Baru di 2015 ini, Honda mengganti mobilnya dengan All New Honda Civic Type R yang khusus dibuat di arena balap dan terbukti meraih kesuksesan.

Dibalik kemudi Gordon Shedden dan Matt Neal, Honda mampu mengantongi tujuh kemenangan sepanjang musim. Gordon Shedden memberikan empat sedangkan rekan setimnya, Matt Neal memberikan tiga.

Secara umum, prestasi yang diraih oleh Honda ini kembali menegaskan keandalan All New Honda Civic Type R di lintasan balap. Mobil dengan konsep “A Hot Hatch Icon Reborn: Engineered to be a race car for the road” ini mampu memecahkan rekor waktu terbaik Front-Wheel Drive dengan 07 menit 50,63 detik di sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman Maret lalu. Gelar juara tahun ini menambah daftar kemenangan sang manufaktur Jepang menjadi lima kali sejak tahun 2010.