Ajang balap FIM CEV Moto3™ Junior World Championship Mario Suryo Aji kembali tampil di Circuit MotorLand Aragon, Spanyol pada akhir pekan lalu (25/7). Optimis dan semangat tetunya jadi bayang – bayang Mario di sepanjang race.

Pada sesi kualifikasi Mario mampu memberikan peningkatan dari yang awalnya mencatat 1:59.524. Hingga akhirnya mengalami peningkatan dengan catatan waktu 1:58.931.

Start pada posisi 11 membuat keuntungan pada Mario. Sedikit celah membuat Mario merangsek masuk hingga di posisi 6. Pada lap ketiga, Mario harus menjalani Long Lap Pinalty yang mengakibatkan turun hingga posisi ke-11 dan berada di rombongan kedua.

“Saya melakukan start terbaik pada musim ini dan naik beberapa posisi di tikungan-tikungan awal. Saya pun harus menjalani long lap penalty karena melakukan kesalahan saat sesi latihan sehingga membuat saya tertinggal dari grup terdepan,” buka Mario

Tidak putus asa, pada lap ke-8 Mario berhasil menyusul rombongan pertama dan menempati posisi kesembilan. Namun disayangkan Mario terjatuh pada sisa lap terakhir dan tidak dapat melanjutkan perjuangan akibat insiden dialaminya.

“Dalam beberapa lap, saya berusaha untuk dapat bergabung dengan para pebalap terdepan. Pada lap terakhir, saya melakukan kesalahan dengan mengerem terlalu dalam yang membuat daya cengkeraman ban hilang, lalu terjatuh. Saya dan tim akan mencoba memperbaiki kesalahan-kesalanan seri ini pada putaran berikutnya,” ujar Mario.

Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Andy Wijaya juga ikut berkomentar atas insiden yang dialami Mario hingga membuat Mario berada di posisi 11 klasmen sementara.

“Insiden yang dialami Mario pada putaran kali ini menjadi pembelajaran penting untuk menghadapi dan meneruskan perjuangan di 3 seri selanjutnya pada musim balap kali ini. Kami pun konsisten untuk terus mendukung pebalap muda Indonesia agar dapat bersaing di tingkat dunia hingga dapat mengharumkan nama bangsa ditingkat International,” tutup Andy.