PT Nissan Motor Indonesia (NMI) membuktikan keiritan konsumsi bahan bakar Nissan Grand Livina lewat tantangan 7 liter bensin dari Bandung ke Jakarta. Kompetisi ini bertujuan untuk menunjukan kepada konsumen manfaat transmisi otomatik Xtronic CVT MPV tersebut yang mengusung salah satu visi Nissan Intelligent Mobility program.

Nissan Intelligent Mobility adalah sebuah program global Nissan yang diluncurkan NMI di tanah air guna meningkatkan kualitas lini produk pabrikan Jepang tersebut yang sarat fitur berteknologi canggih. Tujuannya adalah agar para konsuman di tanah air mendapatkan manfaat yang nyata dari pengembangan inovasi dan teknologi yang dilakukan Nissan di setiap fiturnya.

tantangan-7-liter-grand-livina-2

Peserta menempuh perjalanan Bandung-Jakarta melalui Tol Cipularang di akhir pekan, Sabtu (3/12) untuk memberikan gambaran secara langsung kemampuan Nissan Grand Livina sebagai mobil MPV keluarga dengan efisiensi bahan bakar yang baik. Sebelumnya, setiap unit tanki bahan bakar Nissan Grand Livina yang digunakan dalam kompetisi ini hanya diisi dengan 7 liter bensin dari posisi kosong dan disegel.

Rekor konsumsi bahan bakar paling efisien tercatat sebesar 30,3 km per liter berdasarkan angka tertinggi pada Multi Information Display (MID) yang telah di reset sebelumnya. Sebagai catatan, angka ini berhasil didapat salah satu peserta tanpa menggunakan penyejuk udara sekalipun sepanjang perjalanan dari Nissan Cimahi,  hingga ke kantor pusat NMI di MT Haryono, Jakarta Timur.

tantangan-7-liter-grand-livina-3

Donny Apriliananda, salah satu peserta teririt menyebutkan, hal tersulit adalah ketika menemui beberapa titik kemacetan, seperti di Bekasi dan keluar Tol Halim. Tetapi saya optimis dan mencoba mempraktekkan ilmu yang saya dapat dari workshop eco-driving kemarin, yaitu harus sabar dan tidak agresif dalam mengemudi.

“Hasilnya, saya berhasil mendapatkan konsumsi rata-rata bahan bakar sebesar 30,3 km/l, meski harus tanpa AC,” tambah Donny.

tantangan-7-liter-grand-livina-4

Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Antonio Zara menyatakan, efisiensi bahan bakar sangatlah penting untuk keberlangsungan lingkungan, dan itulah yang menjadi salah satu gambaran visi Nissan Intelligent Mobility untuk mewujudkan zero emission. Melalui kegiatan ini, para peserta akan mencoba langsung kemampuan teknologi Xtronic CVT pada Nissan Grand Livina.

Fitur-fitur Nissan Intelligent Mobility yang ada pada kendaraan Nissan saat ini  memastikan masyarakat selangkah lebih dekat untuk merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan di masa depan. Tantangan 7 Liter Livina merupakan bagian dari Nissan Media Workshop 2016, sebuah wadah dimana Nissan akan terus berbagi informasi mengenai Nissan Intelligent Mobility kepada media di Indonesia.

Ini menjadi awal dari program berkelanjutan yang bertujuan untuk memperkenalkan Nissan Intelligent Mobility lebih jauh lagi kepada masyarakat Indonesia. Sesuai janji PT Nissan Motor Indonesia, program ini sepenuhnya akan berjalan mulai 2017 mendatang.