Melalui surat terbuka yang diterima dari Rolls-Royce Indonesia, dikabarkan bila induk Rolls-Royce Motor Cars tengah menggarap proyek Cullinan yang menunjukan bagaimana rupa SUV super mewah dari merek Inggris tersebut. Uniknya adalah desain yang ditampakkan cukup terbilang unik daripada yang lain.

Cullinan yang mengambil dasar  model Phantom Series II ini diciptakan dengan bodi lebih rendah dengan suspense all-new drive demi kemudahan berkendara. Meski ukurannya bisa dikatakan baru, namun uniknya tidak terlihat tongkrongan gagah bak SUV yang lazim ditemukan di pasaran.

Alih-alih membesarkan ukuran Phantom yang terbilang besar, Cullinan justru memangkasnya hingga terlihat lebih pendek. Selain itu peninggian suspensi juga dapat dibilang tanggung, tidak terlalu tinggi namun juga tidak rendah. Yang mengherankannya adalah hadirnya rear wing spoiler layaknya mobil-mobil yang tampil di film Fast & Furious.

Dikatakan bila prototype  tersebut sudah diuji di lintasan on-road yang meliputi lonjakan suspensi hingga stabilitas kendaraan berbodi tinggi, Tipe permukaan jalan internasional pun menjadi acuan, baik di fasilitas pengujian maupun di jalan umum. Test permukaan jalan ini mencakup jalan berbatu – Belgian Pave, cobblestone –, jalan beton yang bergelombang, permukaan jalan yang menimbulkan bunyi dan gema serta permukaan dengan pengurang kecepatan atau lazim disebut polisi tidur di Indonesia.

Uji rekayasa prototipe Proyek Cullinan untuk on-road dan off-road akan memakan waktu yang sama. Hal ini untuk memastikan para konsumen dapat merasakan kualitas berkendara yang tak tertandingi di atas permukaan kasar, dan medan yang menantang seperti yang mereka rasakan di jalan raya.