Dipasarkan selama dua belas tahun (1970 – 1982) di Indonesia membuat Honda CB 100 bukan barang langka di jalan raya. Model penerus Honda 90 Z tersebut banyak beredar menjadi mainan kalangan penggemar motor lawas ataupun para tangan pertama.

Ringan dikendalikan dan mudah dalam perawatan menjadi beberapa keunggulannya. Di samping tampilan yang terbilang cukup aduhai. Jadilah Honda CB 100 makin diminati saat ini, ketika demam motor klasik dan custom kian menggigit.

(Baca juga: 1920 Harley-Davidson Board Tracker: Buah Guratan Sang Seniman)

Bicara custom Honda CB 100, beberapa aliran kerap terlihat diterapkan pada motor bermesin 4-tak 99 cc ini. Mulai dari scrambler, tracker, atau bobber. Namun, penampilan Honda CB 100 custom sangat nyentrik muncul dalam gelaran Suryanation Motorland di Medan yang berlangsung akhir pekan lalu.

Motor Custom Honda CB 100 Suryanation Motorland

Saibun Panjaitan, peserta ajang perburuan motor custom terbaik itu datang bersama sebuah Honda CB 100 mengusung konsep boardtracker. Penerapan konsep ini di sebuah Honda CB 100 sungguh di luar kebiasaan. Mengingat biasanya boardtracker identik dengan motor Amerika, Harley-Davidson atau Indian.

Secara keseluruhan kami melihat konsep karya ini sebagai kombinasi warisan motorsport Negeri Paman Sam yang berada di sebuah motor legendaris keluaran merek Jepang.

Boardtracker merupakan jenis motor yang dipersiapkan untuk turun dalam kompetisi board track racing. Bukan tanpa alasan, penyebutan istilah board track mengacu pada permukaan lintasan yang terbuat dari susunan papan kayu (board). Lintasannya sendiri berbentuk oval yang kemudian disebut motordrome.

Motor Custom Honda CB 100 Suryanation Motorland

Kompetisi balap di atas lintasan kayu ini populer di AS selama periode 1910 hingga 1920. Konstruksi lintasan kayu banyak dipakai saat itu karena tergolong murah pembangunannya.

Meskipun, pada akhirnya pamor board track racing meredup seiring datangnya badai finansial The Great Depression yang memengaruhi segala aspek kehidupan di sana pada awal 1930-an.

Di Suryanation Motorland Medan kemarin kita bisa melihat boardtracker pada Honda CB 100 yang pembangunannya mendapat sentuhan dari bengkel bernama Afto Motor. Motor tersebut mengedepankan permainan krom pada rangka-rangkanya.

Motor Custom Honda CB 100 Suryanation Motorland

Lapisan krom itu cukup mendominasi sehingga melahirkan kesan clean pada sentuhan akhir. Sedangkan, balutan warna merah di tangki hingga bagian belakang bodi berhasil menciptakan kontras yang manis.

Penampilan brilian ini pun berhasil membawa Saibun Panjaitan beserta motornya menyabet dua gelar bergengsi sekaligus, Best of the Best Medan dan Juara 1 Free for All.

“Menjadi pemenang di salah satu kelas saja sudah membanggakan apalagi ini sekaligus mewakili kota Medan menjadi Best of The Best yang akan bersaing dengan motor dari 6 kota lainnya, saya akan terus memperbaiki performa motor saya dan tidak segan bertanya kepada mentor sebagai sumber inspirasi dan kreatifitas,“ujar sang pemilik.

Motor Custom Honda CB 100 Suryanation Motorland