Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional yang jatuh tepat pada tanggal 2 Mei, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut menunjukan kontribusinya merayakan Hardiknas dengan memberikan donasi berupa mesin ke berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Daihatsu. Mesin yang diberikan berjumlah 15 unit, terdiri dari delapan punya Ayla, empat Terios, tiga Sigra, dan empat unit transmisi.

“Donasi tersebut diharapkan dapat menjadi bahan praktik pembelajaran, baik untuk guru maupun murid “Program Pintar Bersama Daihatsu ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan SMKI di Indonesia, khususnya jurusan Otomotif TKR,” ujar Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT ADM.

Bukan hanya itu, Daihatsu juga menjaring lulusan murid SMK yang telah melakukan implementasi program PBD dan sudah ‘siap pakai’ sesuai kebutuhan dunia industri. Saat ini tercatat, ada 205 SMK Binaan Daihatsu di seluruh Indonesia.

Daihatsu juga memberikan materi dan pembekalan mengenai pentingnya digitalisasi kepada 1.000 guru SMK, khususnya dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Seminar yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru, sangat penting dalam memberikan materi pembelajaran dengan memanfaatkan media digital kepada para murid yang saat ini sudah memasuki Generasi Z.

“Semoga ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan SMK di tengah tantangan era yang serba digital ini,” kata Anjar.