Debut KIA Sonet di India pada 7 Agustus lalu, ternyata membawa hasil yang mencengangkan. Dalam 24 jam sejak diperkenalkan, KIA Sonet langsung dipesan sebanyak 6.523 unit.

Pemesanan dibuka secara online melalui website KIA dan masing-masing dealernya dengan uang muka sebesar Rs 25 ribu atau setara Rp 5 juta. Beberapa media lokal India menyebutkan pemesanan KIA Sonet di hari itu sangat tinggi hingga mencapai ribuan unit.

KIA Sonet merupakan SUV dengan platform modern yang diproduksi di pabrik KIA Motors India di Anantapur, Madhya Pradesh. Model ini memiliki 5 tempat duduk dengan dimensi panajng 3.995 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.647 mm serta jarak sumbu roda 2.500 mm. SUV mungil ini memiliki ground clearance 211 mm dan tanki bensin berkapasitas 45 liter.

Meski Sonet mengisi segmen Low SUV, tapi dibekali dengan beragam fitur serta teknologi canggih yang umumnya ada di mobil-mobil premium. Misalnya, layar sentuh berukuran jumbo, 10,25 inci, konektivitas yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, Bose premium 7-speaker system, Smart Pure Air Purifier yang dilengkapi virus protection, dan sebagainya.

Sonet dibekali mesin dan transmisi yang sama dengan Hyundai Venue. Yakni mesin 1,2 liter bensin dan 1.0 liter turbo (T-GDI) bensin, dan 1,5 liter diesel. Mesin 1,2 liter bensin akan dibekali transmisi manual 5-percepatan, sedangkan 1,5 liter diesel dibekali transmisi manual 6-percepatan dan otomatis.

Sedangkan mesin 1,0 liter turbo dilengkapi transmisi otomatis  7-percepatan dual clutch (DCT) dan transmisi manual 6-percepatan intelligent manual transmission.