Datsun secara terang-terangan telah mengumumkan akan menghadirkan Datsun Cross pada 18 Januari 2018 nanti. Spesifikasi Datsun Cross pun perlahan mulai dibuka. Mulai dari sistem transmisinya yang dikatakan menggunakan CVT (Continuously Variable Transmission).

Informasi tersebut datang langsung dari pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) yang menaungi merek Datsun di Tanah Air. “Datsun CROSS mengadopsi keunggulan teknologi canggih CVT Nissan,” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur NMI dalam siaran pers yang TheGaspol.com terima, Rabu (10/11).

(Baca juga: Chevolet All New Silverado Terbaru Akan Muncul Pada Work Truck Show 2018 di AS)

“Dibandingkan dengan transmisi matik konvensional, CVT menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus, lebih nyaman dan lebih efisien,” sambungnya.

Seperti jamak diketahui bahwa CVT menghasilkan perpindahan gigi yang reltif mulus dengan tingkat rasio persneling yang efektif. Berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang menggunakan rasio gigi tetap.

Nissan menjelaskan CVT memungkinkan mesin bekerja pada rentang kecepatan kendaraan yang paling efisien. Oleh karena itu, CVT menghasilkan proses berkendara yang halus, mudah dan efisien.