Datsun Cross sapa publik Indonesia, Kamis (18/1) di Jakarta. Mobil berjenis compact crossover ini hadir sebagai model ketiga yang dipasarkan Datsun di Tanah Air.

“Ketika Datsun kembali ke pasar Indonesia, kami berjanji akan memberikan tiga model dalam tiga tahun. Datsun CROSS yang baru ini merupakan komitmen kami akan janji tersebut,” kata Jose Roman, Corporate Vice President, Nissan Motor Co., Global Head of Datsun.

Datsun Cross dirancang untuk memenuhi gaya hidup pelanggan Indonesia yang dinamis. Dari namanya, Cross mencerminkan karakter gandanya. Yaitu sebagai kendaraan harian sekaligus tunggangan yang siap diajak berpetualang.

“Lebih dari itu, modelnya yang dinamis dan teknologinya akan membuatnya berbeda. Datsun CROSS adalah mobil baru untuk generasi baru. Mobil yang mendorong Datsun selangkah lebih maju daripada pesaingnya,” sambungnya.

Datsun Cross digerakkan mesin 1.200 cc dan tersedia dalam pilihan transmisi manual serta X-Tronic CVT. Buat Datsun sendiri teknologi CVT itu terbilang baru.

(Baca juga: Datsun Cross Adopsi Transmisi CVT)

Sejumlah fitur yang tersemat pada mobil ini antara lain Vehicle Dynamic Control yang tersedia di semua varian. Selain itu ada pula Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution with Brake Assist (EBD – BA), Traction Control, dan Brake-Limited Slip Differential (B-LSD).

Aspek keselamatan ikut pula ditunjang airbag ganda, auto headlight, dan lampu peringatan sabuk pengaman.

Beranjak ke eksteriornya, desain lampu depan “Mata Elang” mobil ini tampak menarik perhatian. Kemudian, Honeycomb Grille-nya memiliki desain lebih besar dibanding model Datsun yang lain sehingga bisa lebih menekankan garis kap mobil.

Sedangkan interiornya diisi desain bergaya sporty. Jok berbalut bahan kain dengan pola honeycomb dan jahitan warna perak.

Datsun Cross hadir dalam tujuh opsi warna termasuk dua warna metalik baru, yaitu Amber dan Chopper. Di luar warna metalik lainnya, yakni abu-abu, merah, dan perak. Lalu untuk warna solid tersedia dalam kelir putih dan hitam.

Datsun Cross lahir dari fasilitas produksi Nissan/Datsun di Purwakarta, Jawa Barat. Pengiriman pertama direncanakan berlangsung Maret. Penjualannya ditawarkan mulai harga Rp163 juta.