DeLorean DMC-12 adalah mobil ikonik yang pernah muncul dalam trilogi Back to the Future. Saat pertama kali diperkenalkan tahun 1981, mobil ini tampil berbeda dengan kendaraan roda empat lain yang ada di pasaran.

Keunikannya terdapat pada penggunaan pintu gullwing, penempatan mesin di buritan, dan bodi stainless steel yang dibiarkan tak berkelir. Tetapi sayangnya, keunikan mobil ini tidak berhasil menyelamatkan produsennya, DeLorean Motor Company, yang akhirnya tutup pada 1982.

Dan mungkin tidak ada yang menyangka kalau ternyata ada banyak komponen yang tersisa sejak mobil itu berhenti diproduksi. Begitu banyaknya, sampai-sampai cukup untuk digunakan membuat DeLorean lagi dalam jumlah besar.

Adalah pebisnis asal Inggris, Stephen Wynne, yang sekarang merakit dan memasarkan DeLorean di Texas, Amerika. Dirinya membuat DeLorean menggunakan komponen new-old stock yang tersisa. Karena dibuat menggunakan komponen-komponen asli, menurut situs Carscoops, tidak ada perbedaan antara DeLorean yang dibuat pada era 1980-an dengan yang Wynne rakit.

Wynne “menghidupkan” kembali DeLorean menggunakan nama perusahaan yang sama dengan produsen terdahulunya, DeLorean Motor Company. Perusahaan ini rencananya bakal mulai memasarkan DeLorean pada 2017.

Dan terdapat dua jenis DeLorean yang akan dilepas. Pertama adalah DeLorean refurbished atau mobil lama yang mendapat penyegaran dengan banderol 45.000 sampai 55.000 USD. Atau DeLorean yang benar-benar baru dirakit seharga 100.000 USD.