Tim-tim Formula One (F1) dikabarkan telah berdiskusi mengenai spesifikasi mobil yang akan digunakan pada tahun 2017. Hasilnya, mereka telah sampai pada beberapa rencana yang mengakibatkan perubahan dimensi mobil.

Contohnya seperti penambahan lebar ban depan dari 245mm menjadi 300mm. Begitu pun dengan ban belakang yang bakal lebih gambot dengan lebar mencapai 400mm dari yang sebelumnya hanya 325mm.

Secara keseluruhan, nantinya mobil F1 bakal punya lebar 2 meter. Lebih lebar 20cm jika dibandingkan dengan mobil yang digunakan sekarang.

Sayap depannya bakal dibuat lebih membulat dengan panjang 180cm. Sementara, sayap belakang bertambah lebar dari 80cm menjadi 95cm. Posisinya ditaruh lebih rendah hingga cuma menyisakan jarak 80cm dari aspal.

Alasan rencana ubahan-ubahan ini ialah untuk mendapatkan downforce 30 persen lebih baik dibandingkan dengan jet darat 2015. Selain itu, desain 2017 juga dibuat untuk menambah kesulitan bagi pembalap, seperti dilaporkan situs Motorsport, Selasa (8/12).

Mobil-mobil yang digunakan sekarang dianggap terlalu mudah untuk dikendarai. “Mereka jauh lebih mudah untuk mengemudi, tanpa diragukan lagi,” ungkap Rob Smedley, performance chief tim Williams.

“Mereka tidak dituntut secara fisik. Poin pengereman jauh lebih awal, kecepatan menikung dan teknik lebih lambat dan mudah,” tambahnya. Dari sudut pandang hiburan, hal ini dirasa mengkhawatirkan.

“Saya pikir ini penting mungkin dari sudut pandang olahraga hiburan,” imbuh Smedley.

Teks : Mada Prastya | Foto : Crash