Setelah pertama kali diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show tahun lalu, Ferrari Indonesia resmi melansir 488 Spider untuk segera dipasarkan ke konsumennya. Seremoni peluncuran dilakukan hari ini, Rabu (21/9) di Plaza Indonesia, Jakarta.

Ferrari 488 Spider memiliki fitur atap terbuka yang telah dipatenkan Ferrari dengan sebutan Retractable Hard Top (RHT) yang secara elektrik dapat dilipat ke dalam bagasi. Penggunaan material alumunium pada bagian atap mampu mereduksi bobotnya hingga 25 Kg, dibanding penggunaan atap kanvas atau soft top.

img_9526-4

Power to weight ratio merupakan komposisi ideal yang wajib didapatkan pada sebuah sports car. Oleh karenanya, untuk menunjang performa tersebut Ferrari mereduksi bobot 488 Spider hingga 25 Kilogram dengan penggunaan struktur berbahan alumunium pada rangka dan bagian silinder blok mesinnya.

Sumber tenaga berkonfigurasi V8 90 derajat dengan kapasitas 3.902 cc merupakan racikan terbaru dari Scuderia Ferrari yang  juga pertama kali digunakan pada generasi 488 GTB. Dengan aplikasi Turbocharger, 488 Spider ini memiliki tenaga puncak 660 dk dengan torsi mencapai 760 Nm.

img_9532-10

Sensasi berkendara khas kuda jingkrak hadir pada mobil racikan pabrik Maranello ini. Meski raungan suara khas mesin V8 Ferrari terdengar sedikit lebih halus saat putaran rendah, namun saat mesin berputar di rpm tinggi suara menggelegar hadir dari exhaust system yang dibuat lebih panjang dengan rancangan Crankshaft tipe datar sehingga mampu memberikan momen punter terbaiknya.

Ferrari mengklaim 488 Spider sebagai mobil dengan rancangan aerodinamika terefisien yang pernah dibuat Scuderia Ferrari. Beberapa perangkat penunjang aerodinamika canggih diaplikasikan secara optimal untuk memberikan downforce maksimal dan mengurangi hambatan angin. Seperti blown spoiler, underbody aerokit dengan Vortex Generators dan rear diffuser.

img_9559-12

Arie Christopher, Chief Executive Officer Ferrari Indonesia menyebutkan kegembiraannya karena telah memperkenalkan dan resmi memasarkan 488 Spider pertama di Indonesia. Fitur convertible pada mobil ini benar-benar memaksimalkan performa dan kepuasan berkendara .

“Kami yakin 488 Spider akan menjadi sangat populer di Indonesia,” tambah Arie saat peluncuran.

Dengan atap terbuka dan eksotisme khas sebuah Ferrari, mengendarai 488 Spider merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi konsumen the have di Indonesia. Apalagi para kaum sosialita high class gemar beraksi narsis di atas mobilnya. Tak salah bila Ferrari Indonesia yakin produk barunya akan laris.