Dalam setiap olahraga, pemenang pasti selalu jadi sorotan utama. Decak kagum penonton dan riuhnya tepuk tangan yang memadati podium kemenangan selalu jadi hingar-bingar menyenangkan di akhir balapan. Meski begitu, pasti ada yang tidak berbahagia di setiap balapan. Ya, mereka adalah sang pencium aspal.

Pencium aspal yang dimaksud adalah pebalap yang sering terjatuh saat berlaga di berbagai ajang balap MotoGP, Moto2 dan Moto3. Menurut data, di paruh musim 2015, setidaknya ada lebih dari 471 kasus yang terjadi di tiga kelas, dengan persentase paling banyak dipegang oleh Moto3 dengan 193 kali para joki menyentuh aspal.

2014-inp-mo3-fp1-act-hanika_granado-crash.big

Yang mendapatkan kehormatan untuk meraih predikat pebalap yang paling sering terjatuh di kelas Moto3 adalah Karel Hanika dan Tatsuki Suzuki. Keduanya telah membukukan masing-masing 11 kali terjatuh musim ini. Tahun lalu, Hanika terpaksa mencium aspal sebanyak 24 kali hingga akhir musim.

maxresdefault

Jika sebelumnya di kelas Moto2 Johann Zarco (Ajo Motorsport) mengalami insiden sebanyak lima kali, maka hingga paruh musim 2015 pebalap asal Perancis ini hanya jatuh sekali. Kita lihat saja bagaimana kiprahnya hingga berakhirnya musim balap 2015. Apakah dirinya mampu memperbaiki rekor terjatuh sebanyak 11 kali di musim lalu?

Andrea Iannone

Dan yang berada di peringkat teratas pebalap yang paling sering terjatuh adalah pebalap Negeri Pizza yang baru bergabung dengan tim Ducati musim ini, Andrea Iannone. Sepanjang karirnya di Moto2 dan kiprahnya di MotoGP, pebalap yang bulan ini genap berusia 26 tahun tersebut kadung mashyur sebagai tukang jatuh, perusak motor. Pada musim perdananya di MotoGP (2013), Iannone terjatuh sebanyak 12 kali dan 14 kali pada musim balap berikutnya.

09f4f2f802c848b892658fe86faf8a9e

Seiring kepindahannya ke Ducati, pebalap berjuluk Crazy Joe ini secara perlahan mulai membaik dan menunjukkan konsistensi. Hingga sembilan seri balap MotoGP musim 2015, Iannone baru terjatuh satu kali. Bandingkan dengan prestasinya tahun lalu, hingga pertengahan musim, dirinya telah berhasil jatuh sebanyak enam kali.