Dongfeng Motor China atau induk perusahaan pabrikan otmotif DFSK Indonesia di Cina akan punya produk mobil listrik dalam waktu dekat ini. Setidaknya, produk Dongfeng bertenaga listrik dengan model mini SUV (Sport Utility Vehicle) ini akan mulai dipasarkan tahun depan.

Menariknya, Dongfeng yang akan akan menggunakan platform dari Renault – Nissan CMF-A atau yang biasa kita kenal dengan Renault Kwid. Di Cina, produk mobil listik lansiran Dongfeng ini akan memakai badge atau merek Venucia, perusahaan otomotif dibawah Dongfeng.

Penggunaan basis Kwid ini merupakan buah kerja sama Renault – Nissan dengan Dongfeng di negeri tirai bambu. Dimana Dongfeng Motor China bertanggung jawab atas perakitan seluruh Renault Kwid untuk pasar Cina dan negara sekitarnya.

Renault sendiri saat ini sedang dalam tahap pengembangan Kwid elektrik dengan kode purwarupa K-ZE untuk pasar global. Renault Kwid elektrik atau K-ZE pasar Cina sendiri juga akan diproduksi di fasilitas perakitan Dongfeng Motor China di Maojan, Shiyan, Cina.

Venucia dan Renault Kwid K-ZE adalah sebuah proudk yang sama dan dirakit di fasilitas produksi yang sama. Sejauh dari gambar yang dirilis oleh Auto NDTV, perbedaan hanya terdapat di bagian grill dan penggunaan logo pada masing-masing merek.

Dikabarkan juga, Dongfeng akan memasarkan mobil ini secara global dengan menggunakan Badge DFSK Fengguang EV. Nama tersebut adalah nama yang sama digunakan oleh DFSK untuk model Glory di pasar internasional.

Belum ada tanggal yang pasti soal kapan peluncuran mini SUV Dongfeng elektrik ini. Namun selepas Renault memperkenalkan Kwid elektrik pada April lalu di Chingiskhan Motor Show, bisa jadi akhir tahun ini merupakan saat yang tepat untuk meluncurkan Venucia atau Dongfeng Fengguang EV versi media setempat.