Tingkat efisiensi bahan bakar kerap menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil. Apalagi mobil-mobil yang sifatnya akan menjadi andalan komuter sehari-hari.

Untuk itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali mengajak sejumlah jurnalis media otomotif nasional mencari angka terbaik konsumsi bahan bakar Honda Mobilio, Rabu (27/2) di Jakarta.

Pada kesemptan kali ini rute yang ditempuh sepanjang 66,4 km. Mulai dari Cilandak Town Square, Jakarta Selatan hingga finish di Ancol, Jakarta Utara. Hasil yang diperoleh dari dua puluh mobil memang berbeda-beda. Catatan terbaik dari rekan media pada uji coba kali ini mencapai 21,6 km per liter.

Hasil cukup baik mengingat situasi jalan raya yang relatif padat siang itu. Malah, tak jarang kemacetan memaksa mobil peserta nyaris berhenti total.

Honda Mobilio adalah salah satu pilihan MPV 7 penumpang yang ada di Indonesia sekarang. | Foto: Dok. HPM

Dari pengalaman TheGaspol.com, berkendara hemat bensin dengan Honda Mobilio terasa mudah. Hal ini tak lepas dari adanya fiturĀ Eco Indicator yang bisa dilihat di instrumen panel. Terdapat tulisan “ECO” yang akan menyala berwarna hijau ketika kita mengemudikan mobil dengan kecepatan dan putaran pesin pas.

Walau bukan hal baru di Honda Mobilio, namun keberadaan Eco Indicator sangat berguna bagi mereka yang menginginkan konsumsi bahan bakar seirit mungin dari mesinĀ Honda i-VTEC SOHC 1.500 cc milik Honda Mobilio.

Mesin tersebut juga telah dilengkapi Drive by Wire, kontrol elektronis buka tutup throttle valve biar akselerasi mobil enteng, namun juga irit bensin.

Honda Mobilio sendiri belum lama ini menerima sejumlah penyegaran pada sektor penampilan dan mendapat penambahan fitur. Meliputi penyematan lampu depan proyektor LED ditambah Daytime Running Light, desain baru pelek 15 inci, head unit 6,2 inci touchscreen. Lalu untuk varian RS mendapat tambahan shark fin antenna dan smoked rear lamp.