Volvo Trucks melengkapi model FM 370 dengan fitur Dynafleet. Fitur tersebut berfungsi merekam semua tindakan yang diambil pengemudi selama menjalankan tugasnya mengantar kargo. Fitur ini jadi semacam black box yang lazim terdapat di pesawat terbang.

Bagi perusahaan, Dynafleet memberi banyak manfaat, misalnya mengontrol penggunaan bahan bakar, lama waktu berkendara, mengetahui posisi truk, sampai melakukan penilaian terhadap performa pengemudi.

Lalu, bagaimana tanggapan pengemudi mengenai fitur yang berfungsi layaknya seorang pengawas ini?

“Bagus, karena kalau ada trouble di jalan langsung ketahuan,” kata Ruli, pengemudi PT Multi Terminal Indonesia (MTI), Rabu (11/11) di Jakarta. Dirinya menambahkan, fitur Dynafleet juga bisa menambah rasa aman saat bertugas, misalnya dari ancaman tindak kriminal.

“Kalau kita mengalami kerusakan tinggal telefon. Ini sudah ada contact person orang Volvo-nya,” sambung Ruli sambil mendemonstrasikan fungsi tombol-tombol di dasbor Volvo Trucks FM 370. Kendati dirinya tampak puas, Ruli berkelakar kalau waktu kerjanya jadi makin ketat.

“Minusnya, ya, waktu istirahat jadi berkurang,” gurau Ruli. Namun yang pasti, dirinya  menganggap fitur Dynafleet akan jadi motivasi untuk meningkatkan kedisplinan.

Hal itu ia utarakan saat ditemui TheGaspol di sela-sela acara serah terima dua puluh unit Volvo Trucks FM 370 yang dilakukan Volvo Indonesia kepada MTI pada hari ini. Investasi sebesar Rp 38 miliar tersebut merupakan jawaban MTI terhadap makin tingginya standar bisnis pengiriman barang.

Toto Dirgantoro, Komisaris Utama MTI megungkapkan beberapa poin yang jadi pertimbangannya memilih produk Volvo Trucks. “Kondisi jalan di republik ini padat, berarti butuh kenyamanan juga ketangguhan. Belum lagi jalan yang rusak, intinya kita butuh yang (spesifikasinya) tinggi dan free maintenance,” jelas Toto.

Pada acara tersebut, jurnalis juga diberi kesempatan untuk melakukan test drive Volvo Trucks FM 370 dengan didampingi instruktur.

Dikatakan, Volvo Trucks FM 370 mampu menghasilkan output hingga 370 hp dan torsi 1770 Nm. Angka tersebut merupakan jaminan performa truk ini saat harus melintasi rute menanjak. Selain itu, sektor keamanan dan keefisienan bahan bakar juga jadi unggulan truk asal Swedia ini.