Setelah diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 lalu, Hyundai Ioniq 5 lantas menjadi magnet bagi penyuka mobil listrik. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mencatatkan total pemesanan Ioniq 5 – lini kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle terbaru dari Hyundai – dengan hampir 1.700 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) di seluruh Indonesia terhitung hingga hari ini.

Model BEV yang menjadi kebanggaan Indonesia ini telah menjangkau secara luas beragam kebutuhan dan selera pelanggan, sebagaimana ditunjukkan oleh data penjualan saat ini di mana tipe Signature Long Range menjadi yang paling diminati dengan lebih dari 70% dari total SPK, kemudian diikuti oleh Signature Standard Range, Prime Long Range, dan Prime Standard Range. Dalam hal warna pilihan, Gravity Gold Matte menjadi yang paling banyak dipesan dengan lebih dari 50% dari total SPK, disusul oleh Magnetic Silver Metallic, Optic White, Midnight Black Pearl, dan Titan Gray Metallic. Ioniq 5 juga berhasil mencatat pemesanan terjauh dari seorang pelanggan yang berdomisili di Papua.

Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi sambutan hangat masyarakat Indonesia terhadap produk BEV pertama Hyundai yang dirakit di Indonesia, ini merupakan pencapaian dan motivasi baru bagi Hyundai untuk terus berinovasi ke depannya. Kami juga ingin berterima kasih kepada pelanggan tercinta yang terus mempercayai Hyundai sebagai pemimpin di pasar EV.

Ioniq 5 menjadi EV pertama yang Hyundai bangun di atas E-GMP atau Electric-Global Modular Platform yang mana memiliki segudang manfaat, di antaranya peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang semakin bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, fitur keselamatan yang mumpuni, dan ruang interior untuk penumpang dan bagasi yang lebih luas. Platform yang membuat interior Ioniq 5 terasa lebih lega ini juga mewujudkan tema ‘Living Space’ pada hatchback bongsor tersebut.

Mobil ini bisa dibilang menjadi kendaraan yang paling cocok digunakan saat kegiatan berpetualang di luar ruang atau outdoor karena memiliki Vehicle-to-Load atau V2L, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya memperoleh daya listrik hingga sebesar 3,6 kW agar dapat digunakan untuk mengisi ulang daya berbagai perangkat listrik, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah. Ioniq 5 juga memiliki jarak tempuh luar biasa yang mencapai hingga 481 KM dengan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam tuntas dalam 7,4 detik.

Di Indonesia, Hyundai Ioniq 5 dipasarkan dengan banderol berkisar Rp 700 jutaan hingga Rp 800 jutaan. Dengan perincian sebagai berikut,

  • IONIQ 5 Prime Standard Range: Rp718.000.000,- (OTR Jakarta).
  • IONIQ 5 Prime Long Range: Rp759.000.000,- (OTR Jakarta).
  • IONIQ 5 Signature Standard Range: Rp779.000.000,- (OTR jakarta).
  • IONIQ 5 Signature Long Range: Rp829.000.000,- (OTR Jakarta).

IONIQ 5 telah mendapatkan pengakuan secara global, sebagaimana terlihat dari penghargaan yang diperoleh beberapa waktu lalu, salah satunya adalah World Car Awards yang diadakan di New York International Auto Show (NYIAS). Pada ajang penghargaan  tersebut IONIQ 5 sukses menyabet tiga gelar sekaligus yakni: “World Car of the Year”, “World Electric Vehicle of the Year” dan “World Car Design of the Year”. Selain itu, IONIQ 5 telah memenangkan penghargaan lainnya, seperti German Car of the Year, UK Car of the Year, Auto Express’ Car of the Year dan Auto Bild’s Electric Car of the Year.