Harapan publik Tanah Air untuk menyaksikan langsung pembalap-pembalap MotoGP beraksi di Sentul International Circuit, Bogor bisa jadi sirna. Pasalnya Dorna Motor Sport, pemegang hak komersial MotoGP lebih tertarik pada Finlandia. Dorna menilai Finlandia mampu bekerja profesional, memiliki rencana lengkap, dan mengajukan dokumen-dokumen tepat waktu, seperti dilaporkan situs Speeweek pada Senin (21/12).

Salah satu bukti keseriusan Finlandia untuk kembali menggelar MotoGP tercermin dari pemugaran sirkuit Kymi Motorsport Park yang disokong kekuatan finansial penuh. Sirkuit sepanjang 4,8 km yang berada sekitar 110 km dari Helsinki itu direncanakan rampung 2016 dengan memakai nama baru, Kymi Ring.

Ketua Asosiasi Motorsport Finlandia Kari O. Sohlberg mengatakan bahwa MotoGP merupakan target Finlandia. Negara Skadinavia tersebut enggan menggelar F1 karena dinilai lebih mahal.

Di lain sisi, persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP 2017 masih terkendala pembuatan Keputusan Presiden (Keppres) yang ditujukan untuk mempermudah penyelenggaraan. Sementara itu, pihak pengelola sirkuit Sentul diberitakan sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang indikasi kebatalan ini namun belum ada kepastian.

Sebagai informasi, Finlandia terakhir kali menyelenggarakan MotoGP pada tahun 1987. Namun GP Finlandia dicoret lantaran lokasi sirkuit yang berada di kawasan berbahaya.