Kalau di Indonesia ada layar tancap, Amerika punya drive-in theater. Walau fenomena drive-in theater tidak begitu mengglobal, ia tetap menjadi bagian perkembangan budaya pop Amerika. Drive-in theater pertama di Amerika terdapat di New Jersey yang dipatenkan pada tahun 1933.

drie in theatre 4

Fenomena drive-in theater tidak begitu populer saat itu. Sampai pada era 1950 saat mulai meningkatnya jumlah pemilik kendaraan di Amerika. Ditambah harga tanah pedesaan yang relatif murah. Membuat para pengusaha mulai melirik bisnis drive-in theater yang mengekspansi daerah pinggiran secara cepat.

Drive-In-Movie-Theater-History

Dengan berbagai alasan, lebih banyak warga Amerika yang memilih drive-in theater daripada menonton film di bioskop. Pertama, drive-in theater lebih bersahabat di kantong keluarga muda dan mereka bisa membawa bayi ke sana. Sebagai sarana hiburan keluarga, drive-in theater juga sering dimanfaatkan muda-mudi untuk berasyik masyuk dengan pasangannya. Serta kelompok pemuda iseng yang hanya terlihat beberapa orang di kabin mobil sementara lainnya bersembunyi di bagasi saat melewati loket pintu masuk.

drive in thetatre 3

Setelah mengalami masa kejayaan selama empat dasarawarsa, pamor drive-in theater mulai luntur. Penyebabnya adalah yang dulu mendorong ke populerannya. Harga tanah di yang mulai meroket akibat perkembangan daerah pinggiran itu sendiri. Selain itu, televisi lengkap dengan VCR juga menjadi kambing hitam gulung tikarnya bisnis ini. Para pengusaha pun mulai melirik usaha penyewaan video sebagai pelarian.