Berbeda dengan ekspedisi sebelumnya, pada perjalanan All New NP300 Navara ke Gunung Sinabung, Sumatra Utara, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) tidak hanya menguji kendaraan namun juga membawa misi kemanusiaan. NMI memberikan sejumlah donasi bagi warga di beberapa desa yang terkena dampak bencana erupsi Gunung Sinabung yang pertama kali meletus sejak 2010.

“Ini merupakan kali ketiga Nissan berkunjung ke Sinabung sejak gunung yang terletak di tanah Karo, Sumatera Utara ini mengalami erupsi pertama pada tahun 2010”, ujar Hana Maharani, Head of Communications NMI. Kedatangan Nissan dilandasi oleh informasi dari pemerintah daerah bahwa masih banyak sekali warga yang membutuhkan bantuan.

Menurut data yang diperoleh, erupsi terakhir terjadi pada awal April lalu ketika hujan lebat turun. Akibatnya adalah jalan dan jembatan terputus akibat lahar dingin, sehingga mengganggu aktivitas warga. All New NP300 Navara sukses melibas jalur tersebut dan menyerahkan donasi dari NMI kepada perwakilan pemerintah daerah.

Penyerahan donasi dilakukan NMI kepada perwakilan pemerintah daerah, yang dalam kegiatan ini diterima oleh Drs. Suang Karo Karo, Sekretaris Daerah Kabupaten Karo. Donasi berupa beras dan makanan siap saji pun langsung diterima secara simbolis oleh perwakilan warga yang juga hadir di lokasi dan disaksikan empat kepala desa penerima bantuan dari Desa Perbaji, Desa Naman, Desa Madinding dan Desa Sukanalu.

Gunung Sinabung merupakan gunung api aktif yang telah beberapa meletus dan mengalami erupsi sejak 2010 lalu. Ribuan warga terpaksa mengungsi, lahan pertanian tertutup lahar dingin dan banyak fasilitas umum rusak akibat erupsi yang hingga kini masih acap kali terjadi. Bahkan sebanyak tujuh desa terdekat yang berada di lereng gunung terpaksa harus direlokasi karena wilayahnya tertutup material vulkanik.