Pabrikan Korea, Kia, baru-baru ini membeberkan dua rencana pengembangan kendaraannya di masa depan. Ada dua unsur yang akan ditekankan yaitu ramah lingkungan dan teknologi otonom.

Dalam lima tahun ke depan Kia berjanji akan lebih banyak lagi memproduksi mobil hybrid. Bila sekarang mereka mampu menyisipkan mesin kombinasi bensin listrik itu di tiga sampai empat model, nantinya di 2020 bisa sampai sebelas model. Kini mereka memulainya dengan model Optima hybrid plug-in dan crossover Niro yang baru-baru ini diluncurkan.
Perkembangan tersebut akan dilanjutkan dengan kendaraan berbahan bakar sel yang akan keluar di akhir dekade. Demi mensukseskan tujuan tersebut, Kia sudah bekerjasama dengan 300 perusahaan partner pendukung.
“Produksi dari Kia FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle) akan mencapai 1,000 unit per tahun. Sebuah angka yang diharapkan mampu meningkat sebagaimana permintaan kendaraan bahan bakar sel yang pasti akan melonjak,” terang Kia.
Sementara itu, terkait janji kedua yaitu teknologi otonom, partner Hyundai ini berujar akan memperkenalkan kendaraan semi otonom di akhir dekade, sebagaimana tren yang beredar di kalangan pabrikan saat ini.
Fokus Kia adalah sebuah sistem yang akan menangani pekerjaan mengemudi selagi menyusuri jalan raya. Fitur ini akan dinamakan Highway Driving Assist (HDA) berupa kombinasi dari teknologi adaptive cruise control and lane-holding.Mobil akan tetap berada di jalurnya namun mampu melakukan manuver selagi mentaati batas kecepatan lokal.
Di samping itu, pengembangan teknologi juga dibuat untuk fitur yang mampu mengurangi stres pengemudi dalam kemacetan maupun saat akan parkir pararel. Seperti Tesla, Kia berjanji dapat memberikan sebuah mobil yang dapat memarkirkan dirinya sendiri meskipun pemilik berada di luar mobil.
Untuk kendaraan otonom penuhnya, dijanjikan akan sampai ke pasar di 2030. “Kia masih berada di tahap awal dari pengembangan teknologinya sendiri. Namun kami percaya inovasi terkini akan membuat mengemudi lebih aman untuk semuanya,” ujar Tae-Won Lim, Vice Presiden Pengembangan Teknologi Hyundai Motor Group.