Pabrikan Toyota baru-baru ini mengeluarkan dua buah paket hemat untuk meningkatkan fitur keamanan di seluruh lini kendaraannya. Paket apa sajakah itu?

Dua paket tersebut adalah Toyota Safety Sense atau TSS yang dikhususkan untuk semua brand utama. Sementara untuk kelas mewah hadir Lexus Safety System+ (LSS+).

TSS sendiri dibagi menjadi dua tingkat dengan TSS C untuk mobil kompak dan TSS P untuk kendaraan model sedang dan premium. Fitur keselamatannya akan berupa pengereman otomatis dimana mobil akan berhenti sendiri kala terjadi situasi gawat darurat. Sedangkan versi mewah akan dilengkapi sistem laser dan radar yang sanggup mendeteksi pejalan kaki dan juga fitur cruise control yang lebih adaptif dengan penggunaan radar.

Adapun rentang harga untuk TSS berkisar dari 300 hingga 500 dolar US. Menurut pabrikan, harga tersebut masih tergolong murah. Versi LSS+ sendiri hanya dibandrol 500-635 dolar AS yang bila dikomparasikan dengan merek lain, rentangnya berbeda jauh karena penambahan rem individual otomatis saja akan dihargai 1000 dolar lebih.

Toyota berujar paket budget keselamatan ini akan hadir di semua model hingga 2017. Sementara ini hanya RAV4, Avalon dan tiga model baru saja yang dapat dilengkapi TSS. Sementara LSS+ akan hadir di Lexus RX yang akan diluncurkan di New York Auto Show.