ducati-testastretta-dvt-1

Sejatinya, sifat dasar manusia itu memang tak bisa diubah, dan kita tak bisa menyeret orang lain untuk mengikuti alur karakter yang berbeda. Dan ternyata siklus hukum alam tersebut, juga berlaku di kehidupan kendaraan, sehigga jangan bermimpi untuk bisa memeras performa dari teknologi konvensional di era 70-an setara dengan kemampuan motor modern. Karenanya, pabrikan motor negeri pizza, Ducati, menelurkan teknologi berjuluk Ducati Testastretta Desmodromic Variable Timing (DVT).

Teknologi mesin Desmodromic teranyar ini memadukan sistem valve train unik, juga otomatis pada paket katup intake serta memiliki tingkat akurasi yang tinggi pada sistem exhaustnya. Sistem teknologi Desmodromic yang diambil dari kata Yunani, (Desmos : link dan Dromos : stroke, travel) sendiri, sebenar-nya sudah ada dan telah diintegrasikan dengan baik ke semua model Ducati, terutama Ducati Corse World Superbike dan Desmosedici MotoGP.

Ducati berharap agar komponen teknologi dari Testastretta DVT yang telah dilengkapi dengan sistem Dual Spark (DS) tersebut mampu mencuatkan performa lebih dahsyat. Selain menjamin pembakaran sempurna di waktu yang sangat singkat, mesin ini juga bisa mereduksi tingkat konsumsi bahan bakarnya sebesar 8%.

Komponen jantung pacu terbaru yang diperkirakan bakal diusung Multistrada 2015 tersebut, ternyata juga membesut sebuah sistem udara sekunder, yang mirip dengan pengembangan teknologi mesin performa tinggi.