Pendidikan merupakan tanggung jawab berbagai pihak demi majunya kualitas bangsa. Sebagai pabrikan kendaraan bermotor, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) merasa punya andil dalam salah satu langkah mensejahterakan bangsa.

Untuk itu, dalam rangka partisipasinya di program  pembinaan dan pengembangan SMK, KTB memberikan donasi berupa Colt Diesel kepada 2 SMK di Jakarta. Langkah ini diambil KTB sebagai bagian dari Revitalisasi SMK yang dicanangkan oleh Kementrian Perindustrian dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam program ini, KTB berkomitmen untuk membina kedua SMK tersebut selama 5 (lima) tahun. Diantaranya SMKN 1 Jakarta dan SMKN 55 Jakarta.

Tidak hanya memberikan donasi berupa unit kendaraan sebagai bahan praktik, namun KTB juga akan membina dalam hal memberikan training otomotif kepada murid dan guru, memberikan masukan dalam penyelarasan kurikulum di SMK dan bekerja sama dengan Dealer resmi Mitsubishi, dalam memfasilitasi praktek kerja industri bagi siswa dan pemagangan industri guru.

Program Pembinaan & Pengembangan SMK berbasis Kompetensi “Link & Match” dengan dunia industri merupakan implementasi dari Instruksi Presiden No. 9 tahun 2016, mengenai Revitalisasi SMK dimana peran dari industri sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan SMK di Indonesia. Program berbasis kompetensi ini juga mengutamakan penyelarasan kompetensi yang harus “match” dengan kebutuhan industri saat ini.

Pada kesempatan ini, Direktur Administration & Human Resources Division KTB yaitu Syaifuddin Said menyerahkan secara simbolis donasi berupa kendaraan Colt Diesel kepada 2 SMKN tersebut,  yang disaksikan oleh Menteri Perindustrian – Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan –  Puan Maharani dan Menteri Pendidikan & Kebudayaan – Muhadjir Effendy.

Syaifuddin Said menyampaikan bahwa partisipasi ini merupakan salah satu wujud komitmen KTB untuk terus memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia, seperti tertuang dalam salah satu Prinsip KTB, yaitu “Indahnya Berbagi”, dan sejalan dengan kegiatan CSR KTB yang fokus pada dunia pendidikan.

KTB sendiri sejak tahun 2014, telah memberikan bantuan dan training kepada 27 SMK di Indonesia. Semoga program ini dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi pendidikan Indonesia, khususnya bagi peserta didik SMK yang merupakan bagian dari generasi penerus bangsa. Sehingga, mereka dapat lebih semangat dan giat dalam menggapai kesuksesan di masa mendatang.