Sejak halaman media otomotif mainstream lebih sering diisi bahasan tentang performa dan harga, kami jadi lupa pada detail yang tersemat pada sebuah kendaraan. Terlebih mobil klasik. Untungnya, kami diingatkan oleh galeri yang dipamerkan dua orang fotografer : Michael Banovsky dan Laurent Nivalle pada laman car culture Petrolicious.

Car Typoghraphy 4

Mereka bertutur, foto-foto typography ini bukan didapat dari pameran besar berskala internasional. Ataupun koleksi pribadi hasil berburu tahunan. Tapi dari kejelian mereka mengeksplor hal kecil yang sebetulnya patut jadi perhatian di sebuah pemeran mobil lokal.

Car Typoghraphy 9

Masalah filosofi, tentu pabrikan lebih tahu pasti artinya. Sementara kita hanya bisa menikmati sambil menerka-nerka apa yang melandasi penggunaannya. Yang jelas, tampilan huruf yang dipilih semakin harmonis saat bersanding dengan kata yang membentuknya.

Car Typoghraphy 2

Apalagi dilatarbelakangi kelir bodi yang terang sehingga tampilan detail makin mentereng. Seperti detail pada Dodge Dart “Swinger” dengan bentuk huruf yang luwesnya. Atau kesan fresh yang hadir pada foto badge Dodge Charger berlatar hitam dan sassy grass green.

Car Typoghraphy 5

Keeksotisan yang mungkin sulit didapat dari mobil-mobil keluaran baru. Penyebabnya, tak lain karena jenis-jenis huruf yang digunakan sudah tidak mewakili visi pabrikan itu lagi atau tertinggal oleh jaman. Kebijakan unik terkait penggunaan huruf dan kata pernah dilakoni oleh pabrikan Amerika Serikat Chevrolet yang menghentikan penggunaan nickname “Chevy” pada produknya karena dinilai sudah tidak menjual.