“Kadang kata-kata saja tidak dapat mendeskripsikan perasaan,” mungkin itulah ide utama yang ada di pikiran team Chevrolet kala meluncurkan rilis pers Chevrolet Cruze 2016. Alih-alih menggunakan bahasa Inggris, pabrikan asal Amerika tersebut meluncurkan sebuah berita dengan menggunakan emoji seutuhnya.
Emoji adalah istilah bahasa Jepang untuk karakter gambar atau emotikon yang digunakan dalam pesan elektronik Jepang. Emoji diambil dari gambar (e) + huruf (moji) yang bisa diartikan pictograph. Beberapa Emoji sangat spesifik dengan kultur jepang dan beberapa set Emoji telah dimasukan ke Unicode yang berarti sanggup ditampilkan di luar Jepang. Kini Emoji sudah bisa ditemukan baik di Android, Windows Phone 7 dan iPhone.
Kembali ke Chevrolet, rilis pers yang diluncurkan pada Senin (22/6) tersebut masih menyisakan banyak tanda tanya bagi para jurnalis. Kami pun tergelitik untuk mencoba mengartikannya dan inilah hasilnya:
Kop berita atas jelas menyatakan tanggal dan judul berita. Emoji orang tersenyum-hati-mobil cukup jelas menyiratkan judul yang berarti kecintaan orang akan Chevrolet Cruze.
Paragraf pertama dimulai dengan sebuah rangkaian emot yang cukup panjang, setidaknya dapat diartikan sebagai berikut: Jika kamu berjalan-jalan sambil mendengarkan musik, cobalah berhenti sejenak – Dari siang sampai malam, dari siang sampai malam lagi. Pada jam 11 adalah saat yang tepat untuk menyaksikan mobil baru yang kita cintai lahir. Mobil tersebut sanggup terkoneksi dengan smartphone, dapat membawa semua peralatan bermain untuk bola basket, rugby, sepakbola, kasti, tenis, dan sepeda atau dapat diajak makanan baru, pakaian, sepatu, make-up, berdansa. Anak-anak pasti akan dapat berkomentar baik sama juga yang dirasakan ayah kala pergi bekerja dengan mobil tersebut. “Betapa enaknya mobil tersebut dan betapa ramah lingkungan”
Selanjutnya emoji tersebut dibeberkan dalam poin-poin. Berikut ini urutannya:
Poin pertama menyiratkan ketangguhan mobil tersebut yang seakan-akan kuat untuk melakukan semua olahraga. Pastinya akan dengan mudah dicintai oleh orang-orang.
Poin kedua berbicara tentang konektifitas: Mobil tersebut sama kerennya hingga sanggup menyambungkan tujuh smartphone sekaligus. Jangan heran bila nanti bisa jadi pintar dan nomer satu di kelas dengan nilai 100. Koneksikan mobilmu ke internet dan musik pun bisa didengarkan.
Poin ketiga berbicara tentang suspensi dan kenyamanan berkendara. Pria, wanita, anak-anak dan dewasa semua pasti menyukainya.
Poin keempat berbicara tentang jarak tempuh. Sejak 2015 hingga 2016 mobil tersebut sudah membawa kenaikan keiritan. Dari 35km di dalam kota bisa naik lebih lagi. Grafisnya meningkat!
Poin kelima berbicara tentang kewaspadaan. Saat akan bepergian membawa banyak barang, diharapkan tidak usah bingung. Semua fitur diaktifkan dan dapat berkendara dapat menjadi lebih tenang.
Poin keenam berbicara tentang masa depan mobil ini yang akan lebih ramah lingkungan.
Poin ketujuh berbicara tentang penghijauan. Chevrolet Cruze 2016 diharapkan bisa lebih mengijaukan bumi.
Paragraf terakhir ditutup dengan konklusi. Chevrolet Cruze aman dibawa bertualang kapanpun yang kita mau. Mobil tersebut gampang terkoneksi, irit bahan bakar, kuat di tanjakan, mudah dicintai dan nilainya 100.
Penutup news ditulis dengan nomer darurat. Cukup call 1911 untuk bantuan. Chevrolet akan sanggup mendeteksi dimana kalian berada. Chevrolet cinta lingkungan dan suka akan konsumsi bahan bakar yang irit. Website www.chevrolet.com dapat diakses baik dari PC maupun smartphone.
Yang terakhir adalah email dari pihak yang berwenang, dalam hal ini Annalisa.Bluhm @Chevrolet.com
@Chevrolet juga jadi nama akun official untuk facebook, twitter, instagram dan snapchat. Jangan rupa rayakan kesempatan ini dengan tagar #ChevyGoesEmoji dimana-mana.