Awal April lalu, perhatian jagad otomotif tersedot perhatiannya ke gelaran New York Motor Show. Sementara Hyundai menggelar hajatnya di negeri sendiri dengan memperkenalkan Hyundai Enduro. Atau lebih lengkapnya, HND-12 Enduro.

HND-12 Enduro lahir sebagai model purna rupa crossover yang hanya dilengkapi dua pintu. Disain gril heksagonalnya begitu dominan mengisi ruang di anjungan. Berpadu dengan aero blades yang terbuat dari aluminium.

Punya usut, pengimbuhan nama Enduro pada model purna rupa ini terinspirasi dari performa motor enduro yang kerap malahap medan off road. Walau begitu tak terdengar rencana Hyundai untuk mengajak model ini untuk kotor-kotoran.

Malah memposisikannya sebagai kendaraan kaum perkotaan yang maskulin. Seperti pernyataan resminya yang dilaporaan Auto Evolution, “Enduro didisain sebagai teman sempurna untuk mereka yang tinggal di kota dengan semangat yang enerjik dan gaya hidup atletis. Hyundai Enduro berupaya menggabungkan gaya hidup yang kental dan coba menghadirkan sensasi petualangan dan kebebasan untuk pengendara dan penumpang.”

Sayang, tidak ada bocoran penampakkan interior. Tapi Hyundai meyakinkan khalayak bahwa bagian kabin dibangun berdasar konsep organik yang akan sangat memanjakan sang pengemudi.

Mengutip Auto Blog, interior Enduro akan dilengkapi single-console yang sangat fokus pada pengemudi. Sementara dashboard-nya diprediksi lebih besar dari mobil sekelasnya demi memberikan pengemudi akses yang nyaman.

Di bagian dapur pacu, terbenam mesih T-GDI 2.0 liter, mirip dengan yang tersemat pada konsep Kia Novo. Nggak ada catatan lebih lanjut tentang power dan torsi yang mampu dihasilkan Enduro.