Mengikuti jejak Toyota yang telah membuat pengumuman beberapa minggu yang lalu, Kali ini pabrikan Jepang, Nissan mengambil langkah serupa. Mereka berencana untuk menawarkan teknologi rem otomatis sebagai fitur standar untuk seluruh lineupnya di Jepang.

Seperti dilansir oleh Reuters, X-Trail hybrid yang akan menjadi SUV pertama pabrikan yang mengusung fitur standar rem otomatis. Mobil tersebut sudah diluncurkan 7 April lalu di Jepang yang akan diijual pada pertengahan Mei dengan bandrol 23 ribu dolar US atau setara dengan 298 juta rupiah. Model-model setelahnya siap mengikuti langkah SUV tersebut.

Rem otomatis sendiri adalah sebuah fitur yang sebelumnya hanya hadir di model-model mahal. Dia akan segera bereaksi bila diperdikasi akan terjadi benturan dengan kendaraan di depannya. Faktor yang melatarbelakangi sulitnya teknologi tersebut diaplikasikan ke semua model adalah harga pirantinya yang terbilang cukup mahal.

Namun seperti diceritakan di atas, pabrikan Toyota telah mengambil langkah jitu dengan memberikan penawaran paket murah bagi setiap mobilnya di 2017. Harganya sendiri berkisar di 300 dolar US untuk model Toyota dan 500 dolar AS untuk model Lexus.

Bisa dinilai ini adalah langkah Nissan dalam sedikit demi sedikit mengembangkan mobil otonomnya. Fase pertama akan segera diluncurkan di Jepang mulai awal tahun depan.