Akhir minggu yang dinanti sudah tiba. Memulai hari dengan menyimak video klip Summer Paradise dari Simple Plan seketika membangkitkan hasrat untuk memanaskan mesin Vespa kesayangan berkeliling kota. Untungnya mentari saat itu sedang bersahabat. Memancarkan pesonanya di langit biru berhias awan putih yang saling bergumul di angkasa. It’s perfect!

Escape Coffee Jakarta

Tapi tunggu dulu. Riding Vespa jelang sore hari yang indah kurang afdol jika tidak dinikmati bersama teman. Untungnya saya sudah paham betul lokasi berkumpul yang kerap disambangi penggemar Vespa di Jakarta. Ya, tempat ngopi yang berada di Selatan Jakarta, Escape Coffee.

IMG_0849_resize-1

Tanpa buang waktu, saya langsung membesut pacuan saya menuju ke sana. Untungnya gerai kopi yang berdiri sejak Maret 2015 ini berada di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Tempatnya yang asri di antara rerimbunan pepohonan Jalan Dharmawangsa Raya membuat kami betah kongkow berlama-lama di sana. Apalagi konsep bangunan bergaya vintage-nya serasi dengan pakem desain klasik yang diusung Vespa-Vespa yang kami bawa.

Escape Coffee Jakarta 10

Sejatinya, Vespa juga menjadi bagian dari desain interior Escape Coffee. Beragam konsep tatanan ruangan yang sempat diadopsi oleh gerai yang memiliki kapasitas tempat duduk hingga 60 orang ini tetap dipadankan dengan gaya vintage dan klasik. Maka tak heran jika Vespa Special, Vespa PTS dan Vespa GS bertengger manis di salah satu sudut ruangan yang sejuk. Oh ya, untuk Anda yang ingin hangout sambil menyeruput cangkir demi cangkir kopi berkualitas sembari menikmati terpaan angin sore, bisa memilih untuk duduk di bagian outdoor yang tidak kalah sejuk berkat deretan vertical garden.

Escape Coffee Jakarta 6

Penasaran dengan hasil racikan barista Escape Coffee yang juga penggemar Vespa? Tenang. Pesan saja segelas Escape Island yang jadi favorit di kedai yang buka mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam setiap Senin – Kamis dan 8 pagi hingga 11 malam di Jumat – Minggu ini. Padanan rasa khas espresso, roasted almond, chestnut plus ice cream vanilla sebagai topping membuat minuman berbandrol Rp. 55 ribu ini makin unik. Mau yang lebih otentik? Ada. Escape Coffee sengaja mendatangkan biji kopi pilihan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dan diolah secara modern dengan menggunakan mesin kopi terbaik.

Escape Coffee Jakarta 4

“Ya. Untuk mengolah bubuk kopi menjadi secangkir minuman yang berkualitas kami memang tidak main-main. Karena itu kami sengaja mendatangkan mesin kopi dengan merk La Marzocco. Salah satu penghasil mesin espresso terbaik di dunia yang telah berkutat dengan kopi sejak tahun 1927,” bangga Risky, sang Barista.

Escape Coffee Jakarta 11

Lalu bagaimana dengan makanannya? Karena konsep coffe shop yang diusungnya, maka jangan berharap bisa menemukan makanan berat di sini. Paling hanya kudapan-kudapan ringan peneman kopi. Ya, seperti yang saya pesan kali ini. Seporsi Croissant Chocolate Danish plus Quiche Mushroom untuk jaga-jaga kalau masih ada ruang di perut yang harus diisi. Lapisan roti yang crunchy berpadu apik dengan godiva chocolate nan lembut di dalam croissant membuat indra perasa ini jatuh cinta.

Escape Coffee Jakarta 9

Puas dengan cita rasa camilan pertama, tanpa harus dikomando jemari pun langsung sigap bermain di piring kedua. Ini yang unik. Handalnya chef Escape Coffee sanggup mengubah rasa deretan sauteed mushroom yang ada di antara adonan telur, cream, susu dan keju menjadi seperti smoked beef. Nikmat!

Escape Coffee Jakarta 8

Ini jeleknya. Setelah perut terasa penuh hasrat untuk berkeliling kota naik Vespa sontak sirna. Hingga akhirnya kami memutuskan untuk menghabiskan hari sambil bersenda gurau di Escape Coffee. Dan sebelum kami berpisah menjelang penghujung malam, ibu Tri Handayani selaku founder gerai ini berpesan agar kami selalu mengedepankan kopi-kopi lokal. “Pada dasarnya kopi adalah produk andalan Indonesia. Maka akan jauh lebih baik kalau kita mengangkat produk sendiri, agar menjadi raja di negeri kita sendiri,” tutupnya.