Selain mengusung suspensi racikan Toyota Racing Development (TRD) Indonesia yang membuat ketinggiannya bertambah 35 mm, Toyota New Yaris Heykers juga dilengkapi dengan aplikasi body kit yang membuat tampilannya mirip sebuah Crossover. Diantaranya spoiler depan belakang dan overfender di bagian spatbor.

Overfender tambahan berwarna hitam ini cukup menyita perhatian dengan dimensi yang besar dan model mengotak. Sehingga jika dilihat dari samping, aksesori berbahan dasar plastik ABS ini hampir mencapai 50% dari bidang spatbor tersebut.

Lantas mengapa para desainer dari PT Toyota Astra Motor (TAM) merancang model overfender ini dengan desain mengotak? Mengingat biasanya beberapa crossover yang belakangan hadir di tanah air menggunakan overfender dengan model yang mengikuti lekuk spatbor setengah lingkaran.

Donny Adhi Yuwono, Departemen Head C&A Planning and Design Departement PT Toyota Astra Motor menyebutkan saat menggoreskan tinta diatas kertas desain New Yaris Heykers, inspirasinya datang dari Fahombo Batu. Fahombo Batu adalah sebuah tradisi yang biasa dilakukan oleh para masyarakat asli Gunung Sitoli, Nias atau lebih umum dikenal sebagai tradisi ‘Lompat Batu Nias’.

lompat-batu-nias

Lebih lanjut, pria yang mengepalai tim desain New Yaris Heykers di Product Planning and Development Division Toyota Indonesia mengungkapkan batu besar dengan model mengotak tersebut menyiratkan sebuah kekokohan dan kekuatan sebuah material. Oleh karenanya, meskipun New Yaris Heykers tetaplah sebuah medium Hatchback namun mampu tampil dan memiliki kapabilitas layaknya sebuah Crossover yang dapat dikendarai ke berbagai kontur jalan.

Toyota New Yaris Heykers murni merupakan hasil karya Toyota Indonesia yang telah mendapatkan persetujuan dari pihak prinsipal Toyota Motor Corporation, Jepang. Mobil ini diproduksi melalui pabrik perakitan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan direncanakan akan segera di ekspor ke mancanegara.