Jika dilihat sekilas helm balap mobil dan motor memang tampak sama. Walaunya nyatanya, kedua jenis helm tersebut menyimpan perbedaan, terutama untuk helm berbentuk full face.

Berbicara pada acara peluncuran jajaran helm Arai GP terbaru pada Kamis, 12 Januari 2016 di Jakarta, Presiden Direktur Cargloss Proriders Harry Suherman mengatakan, perbedaan mendasar keduanya adalah pada faktor visibilitas.

“Dengan posisi berkendara membungkuk, pembalap motor butuh sudut pandang mengarah ke depan yang baik. Makanya visor dibuat lebar,” jelas Harry dalam presentasinya.

Jika diperhatikan, helm full face untuk balap mobil memang memiliki visor lebih sempit dan memanjang ke samping. Hal ini dikarenakan pembalap mobil lebih membutuhkan sudut pandang ke sisi kanan dan kiri saat duduk dengan posisi cenderung tegak di balik kemudi.

Perbedaan kedua adalah pada aspek keamanan. Di mana kebakaran merupakan insiden paling ditakutkan pada ajang balap mobil.

Maka, tak heran jika helm yang digunakan para balap roda empat dibuat tahap api dengan memanfaatkan campuran bahan-bahan seperti Carbon Nit, Nomex, dan Comex. Umumnya helm balap mobil juga sudah dilengkapi sistem pelepasan darurat.