F60America_proto_Pininfarina-3-4ant-1940x1290

Sekitar sebulan lalu, Ferrari memang tengah menjadi buah bibir di lingkup para pemain otomotif dunia. Pasal-nya banyak rumor yang mengatakan bahwa pabrikan asal Maranello, Italy tersebut bakal banyak memboyong produk terbaru-nya ke ranah publik. Well, merasa gerah dengan rumor tersebut, Ferrari-pun akhir-nya menjawab lantang dengan mengibaskan debut 458 Speciale A di ajang Paris Motor Show kemarin dan kembali mempublikasikan model teranyar mereka, yaitu Ferrari F60America limited edition saat anniversary gala dinner di Beverly Hills City Hall, Minggu (11/10) lalu.

F60 America sendiri telah diklaim oleh pabrikan berlogo ‘Kuda Jingkrak’, hanya akan di produksi sebanyak 10 unit saja, dan memang sengaja diciptakan untuk merayakan 60 tahun eksistensi mereka dalam menjelajah trek industri otomotif di negeri Uncle Sam, khususnya di AS bagian utara. Tapi, oopss…. 10 unit supercar seharga US$3,2juta/unit tersebut sudah SOLD OUT!.

Well, meski penjualan F60America ini sudah Closed Order, namun supercar asal Italy tersebut masih banyak dilirik dan diidamkan para konglomerat lho. Pasal-nya kendaraan berkelir biru tua ini, menggabungkan dua pilihan desain yang paling popular di kalangan owner Ferrari Amerika yaitu, jantung pacu V12, dan atap terbuka. Apalagi saat kita tahu bahwa F60America merupakan versi convertible, dengan lightweight fabric top (dapat beroperasi pada kecepatan di atas 120 km/jam) dari F12 Berlinetta, yang juga sejurus dengan seri Ferrari ala Amerika tahun 1967 yaitu 275 GTS-4 versi North American Racing Team.

Nah, dari sektor jantung pacu-nya, si Ferrari ber-kode F60 buat Amerika tersebut  tetap menggendong unit mesin yang sama dengan F12 Berlinetta, yaitu V12 berkapasitas 6,3-liter, dan berpadu harmonis dengan transmisi dual-clutch 7-speed, yang siap mengirimkan daya ke penggerak roda belakang sebesar 790hp, plus  torsi 690Nm. Soal akselerasi? Ya, terang saja-lah, ia masih identik dengan buaian hentak 0-100km/jam dalam waktu 3,1 detik saja.

Selain menghadirkan dua ‘karakter’ kebanggaan asal Berlinetta, si Ferrari F60 America ini juga telah melengkapi tubuh eksotis-nya tersebut dengan dua buah roll hoops yang terbungkus rapi oleh bahan kulit dan material carbon fiber. Dan ternyata, buaian optik pada bagian depan hingga belakang, plus paduan velg F60 tersebut telah dimodifikasi dengan livery NART 60th Anniversary Edition. Dan saat kita  melongok ke bagian dalam supercar ini, mata kita bakal di peluk oleh dominasi kelir merah juga hitam, plus penyematan ikon bendera Amerika di sepasang ‘jok sporty’-nya.