Sejak diperkenalkan pada 1999 lalu, ‘International Engine of the Year Award’ telah menjadi salah satu ajang penghargaan yang paling didambakan oleh setiap produsen kendaraan. Bagi Ferrari khususnya sebagai produsen kendaraan bermesin performa tinggi, enam tahun terakhir ajang ini telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di ajang tahunan tersebut.

Di kelas V12 misalnya, sumber pacu Ferrari yang berkapasitas 6.3 liter telah berhasil mendapatkan penghargaan Performance Engine terbaik selama tiga kali sejak 2013. Dimana secara berturut-turut sejak tahun lalu, mesin yang digunakan oleh F12 Berlinetta dan F12 TDF ini meraih penghargaan Performance Engine untuk kategori diatas 4.0 liter.

Mesin berkonfigurasi V12 ini merupakan coretan kisah awal kejayaan pabrikan kuda jingkrak di segmen mobil sport selama 70 tahun sejak 1947 lalu.

Sementara untuk kategori dibawah 4.0 liter, sumber tenaga Ferrari berkonfigurasi V8 Twin Turbo justru meraih penghargaan tertinggi ‘International Engine of the year Awards’ untuk kali keduanya sejak tahun lalu. Dimana mesin berkapasitas 3.9 liter ini diaplikasikan pada 488 GTB, 488 Spider, California T dan GTC 4 Lusso T dengan berbagai perbedaan penempatan di sasis Ferrari.

Dimulainya teknologi turbo ganda di mesin V8 Ferrari, menciptakan sebuah revolusi baru mesin bertenaga besar namun tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar karena bobotnya yang ringan. Sumber tenaga ini cukup menyenangkan untuk dikendarai lantaran minus turbo lag dan torsi yang progresif di tiap putaran mesinnya.

Tony Robinson, pendiri ajang penghargaan ‘International Engine of the Year Awards’ (IEOTYA) menyebutkan, ini adalah kedua kalinya sepanjang sejarah IEOTYA, bahwa mesin berdaya tinggi berhasil meraih penghargaan secara menyeluruh selama dua tahun berturut-turut serta memenangkan gelar yang paling didambakan. Mesin V8 Ferrari mengantarkan tenaga yang menakjubkan, ketepatan perpindahan gigi, daya tahan dan suara yang luar biasa. Suatu saat nanti hal ini akan menjadi sesuatu yang klasik dengan sendirinya.

“Saya pikir, Ferrari telah mencetak sejarah baru dengan mesin V8 Twin Turbocharger untuk di masa depan nanti,” tambah Tony.