Fiat 500C k

Pertama kali muncul di IIMS 2013 lalu, FIAT 500 langsung menjadi primadona para pengunjung. Tentu saja karena bentuknya yang lucu serta kelir yang berwarna-warni. Namun bukan itu saja, bagi sebagian besar warga senior (baca: tua), mereka cukup terkejut akan kelahiran brand yang sempat merajai jalan-jalan di Indonesia. Dan ya, FIAT Uno II adalah tipe terakhir yang mereka jajakan di Indonesia awal tahun 90an.

Fiat 500C b

Fabbrica Italiana Automobili Torino memang perusahaan otomotif terbesar di Italia. Brand yang dibangun oleh Giovanni Agnelli pada tahun 1899 ini, kini telah membawahi banyak brand sejurus dengan langkah merger mereka dengan Chrysler Group. Abarth, Alfa Romeo, Chrysler, Dodge, Ferrari, Jeep, Lancia, Maserati, Ram Trucks, dan SRT adalah merek dagang yang mereka jajakan saat ini.

Fiat 500C d

Banyak yang mengolok-olok FIAT dengan istilah Fix It Again Tony, lantaran kerap rusak. Dan hal itu pula yang membuat FIAT mundur dari pasar AS pada tahun 1983. So? Persetan dengan semua hal itu. Bagi masyarakat Italia, FIAT tetap saja bagian dari hidup mereka. Ah sudahlah, kami tak mau terlalu panjang bercerita tentang latar belakang dan sejarah.

Fiat 500C e

Jujur, bagi kami ikon retro design paling sukses adalah FIAT 500. Lawan beratnya yang notabene dari pabrikan besar macam Volkswagen New Beetle dan MINI Cooper malah tak terlalu bisa bereinkarnasi dengan desain pendahulunya.

Cinquecento yang sudah menjadi ikon dan bagian hidup orang Italia memang memiliki nilai sentimentil tersendiri. Segala kekurangan yang dimiliki bagai tak dihiraukan lagi, kala kita berbicara tentang kecintaan dan romantisme FIAT Cinquecento. Tak heran bila di film kartun Cars, ikon Italia diwakili oleh Luigi si FIAT 500.

Fiat 500C f

Ibarat seorang salesman mobil, langkah SPWA (Six Point Walk Around) kami lakukan. Mulai dari desain eksterior, interior, mesin dan kenyamanan kami uji. Soal desain bodi, size FIAT 500 bila dibandingkan dengan MINI Cooper memang lebih pendek, namun atapnya justru lebih tinggi. Nah, unit yang kami coba adalah tipe flagship di sini, yaitu versi Cabriolet. Dan ya, FIAT jauh lebih lucu wujudnya.

Fiat 500C h

Coba Anda masuk ruang kabinnya, suasana riang dengan paduan warna-warna menarik dan menimbulkan kesan seru. Seiring dengan itu, bahan yang digunakan juga berkualitas tinggi. Interior juga dibuat retro dengan model headrest bundar, susunan dashboard yang dikuasai lingkaran dan list krom. Banyak lingkaran di dalam lingkaran pada panel instrumen, kadang sangat membingungkan bagi kami.

Fiat 500C j

Secara pengendalian, Anda akan merasakan langsung Italian attitude yang masih kental. Suspensinya memang keras khas FIAT dan malah mirip dengan saudara mewahnya, Ferrari.

Perkara tenaga? Ya jangan terlalu berharap. Namun sudah lebih dari cukup untuk sebuah kendaraan kecil.  Mesin 4 silinder 1400cc dengan 101 tenaga kuda sudah cukup lumayan.

Fiat 500C a

Bukan itu inti dari uji coba kami, mesin mobil saat ini sudah canggih semua dan kalau bicara teknologi engine dan transmisi kami memang bukan pakarnya untuk mereview.

Saat pemotretan, kami melakukan sebuah survey kecil. “Apa yang istimewa dari mobil ini”? Tanya kami. Lucu banget. Cuma itu jawaban semua orang. Rancangan Dante Giacosa yang direinkarnasi oleh Roberto Giolito ini memang tak jauh meleset dari bentuk lamanya. Intinya, mobil chic dan fun to drive, cocok bagi Anda yang memperhatikan penampilan dan penggila fashion.