Pabrikan Italia Fiat baru-baru ini memperkenalkan keluarga baru mereka berwujud sedan kompak bernama Aegea di Istanbul Motor Show 2015. Aegea lahir sebagai penerus Linea, yang kini telah mencapai akhir dari siklus produksinya.

Linea sendiri adalah sedan keluarga yang menjadi andalan jualan Fiat di negara-negara berkembang, seperti Turki dan India. Model ini telah mengaspal sejak 2007 dan direncanakan untuk didiskontinu pada tahun ini.

Penampakan Aegea tidak jauh berbeda dengan Linea secara dimensi. Meski begitu Aegea tampil lebih dinamis berkat bagian depannya yang mengkombinasikan gril memanjang yang diapit oleh seperangkat headlamp baru. Pembeda lainnya adalah kap mesin dimana tampilan sederhana Linea digantikan oleh desain baru yang berpahat dan berkarakter.

Sedangkan mengenai interior, Aegea jelas lebih baik dari kabin Linea yang terlihat murah dengan penambahan teknologi yang mumpuni. Sebut saja layar TFT yang terbenam di kluster instrument, dasbor yang bulat dan setir kemudi multi-fungsi tiga jari. Layar sentuh mutakhir ala Fiat – Chrysler, Uconnect juga tersedia untuk beberapa level trim tertentu.

Detil teknis memang tidak tersedia mengingat Aegea akan menyesuaikan kondisi masing-masing negara karena posisinya yang notabene merupakan mobil global. Meski begitu Fiat menyiratkan hadirnya dua mesin bensin empat-silinder berpenggerak depan dan bertransmisi manual.

Nantinya semua mobil Aegea akan dibuat di Bursa, Turki dan dilepas di 40 negara dengan nama yang berbeda-beda. Diprediksi semuanya akan kedapatan sebelum akhir tahun 2015 dimulai.