Italia menjadi negara kedua terbesar yang terkena serangan pandemic COVID-19 atau virus Corona. Ribuan masyarakatnya telah wafat akibat terpapar virus yang diketahui berasal dari Wuhan, Cina ini.

Tak tinggal diam, raksasa industri otomotif setempat turut bergerak membantu pemerintah Italia untuk memutus rantai penyebaran virus yang menyerang sistem pernafasan manusia ini. Salah satunya FCA (Fiat Chrysler Automobiles), raksasa pabrikan Italia blasteran Amerika Serikat ini turut membantu penanganan wabah COVID-19 dengan memproduksi masker.

Mereka tentunya tidak membuat atau bahkan membeli satu buah pabrik khusus dalam rangka memproduksi masker tersebut. Melainkan alan mengalih fungsikan salah satu fasilitas perakitannya yang kini sedang di shut down akibat pandemic Corona.

Disebutkan oleh Reuters, CEO FCA Michael Manley telah menyampaikan tujuannya kepada seluruh serikat pekerja yang masih aktif untuk menjalankan program ini. Salah satu pabrik milik FCA di Cina akan menjadi pusat produksi satu juta masker per bulan untuk beberapa pekan kedepan. Selanjutnya dikatakan oleh Manley, masker ini akan diprioritaskan penggunaannya kepada seluruh tenaga medis di Italia yang bekerja menanggulangi pasien terpapar COVID-19.

 

Sebelumnya, Fiat dan Ferrari yang juga masih satu induk perusahaan dibawah Exor, milik keluarga Giovanni Agnelli juga berkolaborasi untuk mengentaskan virus Corona di Italia dengan memproduksi peralatan kesehatan seperti ventilator. Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang bisa menyelamatkan pasien positif COVID-19.

FCA dan Ferrari, saat ini disebutkan sedang mengajak kerja sama dengansebuah perusahaan yang  memproduksi ventilator terbesar di Italia, Siare Engineering.

Saat ini masing-masing korporasi baik Ferrari dan Fiat bersama FCA group telah memutuskan untuk menghentikan seluruh kegiatan produksi kendaraan bermotor mereka di masing-masing fasilitas produksinya. Langkah ini diambil sebagai bentuk pemutusan rantai penyebaran virus Corona di Italia.