Ada beberapa hal yang berbeda di gelaran The 36th Bangkok International Motor Show 2015 ini. Yes, dibanding tahun lalu dan tahun sebelumnya, sepertinya tahun ini mulai banyak importir maupun produsen Camper Van, Motorhome, Caravan, RV (Recreational Vehicle) dan sejenisnya yang mulai ikut pameran.

Ya, seperti perbincangan kami sebelumnya dengan petinggi Airstream, brand Amerika Serikat yang meniagakan bermacam kendaraan rekreasi, kali ini kami menemukan sebuah FIAT Ducato lansiran terbaru yang disulap menjadi Motorhome.

FIAT-Bangkok-Motor-Show-2015-a

BRG Group Thailand adalah sebuah importir umum yang biasa memasukkan kendaraan mewah macam Supercar, Luxury car dan sebagainya. Namun di tahun ini mereka sepertinya sedang gencar bermain di segment motorhome yang katanya sedang tinggi minatnya untuk pasar lokal mereka.

Motorhome yang diimport oleh BRG Group ini adalah produk dari Autocruise, rumah modifikasi motorhome dari perusahaan Swift yang bermarkas di Mexborough, South Yorkshire, Inggris.

FIAT-Bangkok-Motor-Show-2015-e

Dan pabrik karoseri Autocruise ini memang sangat dikenal dan bisa dikatakan sebagai nomor satu di Inggris. Berbagai jenis motorhome dan caravan mereka rancang untuk berbagai keperluan. Mulai dari sarana liburan keluarga, kendaraan VIP hingga keperluan khusus lainnya. Basic kendaraan yang digunakan oleh mereka biasanya adalah truk berukuran sedang yang banyak ditemui di Eropa sebagai minibus layaknya Mercedes-Benz Sprinter yang kita lihat di tanah air sebagai mobil travel Jakarta-Bandung.

FIAT-Bangkok-Motor-Show-2015-f

Oke, berbicara tentang FIAT Ducato, ini adalah produk light commercial vehicle layaknya Isuzu Elf atau Toyota Dyna di sini. Dan produk ini adalah racikan dari konsorsium Sevel (Société Européenne de Véhicules Légers / European Light Vehicle Company) yang berdiri sejak tahun 1978 dimana hasil gabungan kerjasama antara PSA Peugeot Citroën dan FIAT. Tak heran bila Ducato memiliki kembaran alias sibling Citroën Jumper dan Peugeot Boxer.

 

Apa yang kita lihat di BIMS 2015 ini adalah FIAT Ducato generasi ketiga (facelift) 2014 yang bermesin diesel 2.300cc, 4 silinder, Multijet 130 daya kuda dengan transmisi 6-speed racikan Chrysler.

Nah, untuk motorhome Autocruise beripe Forte ini, Ducato disulap dengan kabin senyaman rumah. Dengan fasilitas ruang tidur, toilet, dapur hingga ruang tamu. Semuanya bisa diset-up sesuai keinginan. Sebab kursi ruang tamu sekalipun bisa disulap menjadi tempat tidur dengan hanya melipat dan menggeser beberapa bagiannya.

Masuk ke ruang kabin, Anda akan disambut nuansa kayu Aralie Sen mengkilap berpadu dengan Smoked Oak. Serta nuansa furnitur dan kain yang berwarna monokromatik yang menimbulkan kesan lega.

FIAT-Bangkok-Motor-Show-2015-b

Lalu apa saja fasilitas yang diberikan selain meja, kursi, lemari, bantal dan guling? Yes, semua yang membuat Anda nyaman layaknya berada dalam rumah sudah tersedia. Mulai dari pendingin udara yang bisa berubah menjadi pemanas udara yang mampu bekerja di suhu minus. Kemudian sarana hiburan seperti TV 22” lengkap dengan DVD. Roll-out canopy yang bisa menjadi atap kala Anda sedang santai layaknya duduk di teras.

FIAT-Bangkok-Motor-Show-2015-c

Nah, bagian atap mobil ini selain terdapat antenna TV, ada pula roof rack yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkut barang maupun kebutuhan olah raga Anda seperti sepeda atau ski. Di bagian atap itu pula tertanam solar panel yang memproduksi listrik. Serta tangki air berkapasitas 100 liter.

Selain peranti toilet yang lengkap dengan wastafel, kloset dan shower yang dilengkapi pemanas air. Di dalam kabin juga terdapat kompor tiga tungku, microwave dan sink berbahan stainless untuk mencuci piring. Ada tiga soket colokan listrik di sekeliling kabin yang listriknya bisa diambil dari baterai (aki )tambahan atau Anda bisa memanfaatkan listrik normal dengan menarik kabel yang bisa menjulur hingga 25 meter bila Anda sedang berada di area perkemahan.

FIAT-Bangkok-Motor-Show-2015

Ya, hampir semua kebutuhan untuk tempat tinggal atau seperti hotel kecil tempat Anda berlibur sudah mereka aplikasikan di motorhome ini. Bila Thailand sudah mulai terjangkit demam berwisata dengan motorhome. Kapan kira-kira kita bisa melakukan hal yang sama di sini? Tunggu saja….