Mengambil momen pameran Los Angeles Auto Show 2015, Fiat meluncurkan convertible 124  Spider yang akan dipasarkan tahun 2016. Mobil ini disebut-sebut membawa banyak kesamaan dengan Mazda MX-5 generasi terbaru. Namun, dengan bodi bespoke serta jantung pacu anyar, yaitu mesin bensin 1,4-liter MultiAir tubocharged berdaya 140 hp dan torsi 240 Nm.

Pabrikan asal Turin, Italia ini menyandingkan mesin tersebut dengan sistem transmisi 6-percepatan manual berpenggerak roda belakang. Fiat mengaku, posisi mesin dirancang sedemikian rupa guna memaksimalkan distribusi berat yang berujung pada pengendalian lebih baik. Mesin tersebut diselimuti oleh bodi aluminium, yang meliputi bagian kap mesin, tutup bagasi, bulkhead panelunderbody cross-member, penguatan bumper depan – belakang, dan seatback bars.

Sebagai mobil yang sangat fokus pada pengemudi, dipilihlah konfigurasi suspensi double-wishbonedi bagian depan dan multilink di buritan. Eksteriornya memang sama sekali tidak menampakkan kemiripan antara Fiat 124 Spider 2016 dengan Mazda MX-5. Namun, tidak begitu dengan bagian dalamnya, di mana terdapat komponen-komponen yang relatif sama.

Sejarah mencatat, Fiat pernah memperkenalkan 124 Spider di Turin Motor Show 1966. Kini, mereka menghadirkan convertible itu kembali dengan membawa gaya retro pendahulunya. Ciri khas itu tampak di bagian lampu depan serta upper grille. Termasuk tonjolan di kap mesin yang jadi indikasi keberadaan mesin baru berukuran lebih besar.