Pabrikan otomotif kini berlomba-lomba mengkreasikan sebuah mobil yang aman bagi penggunanya di masa depan. Berbagai riset dilakukan untuk menciptakan sebuah fitur keselamatan yang ditanamkan untuk keamanan berkendara. Salah satu pabrikan yang kini giat mengembangkan teknologi ini adalah Toyota. Sejak 2015 lalu, pabrikan berlambang tiga oval ini punya sistem keselamatan berkendara yang diberi nama Toyota Safety Sense (TSS).

Saat ini, fitur bekerja dengan bantuan radar dan sonar yang ditanamkan di bagian bodi kendaraan. Sistem ini mampu membaca benda-benda di sekitar mobil dan mengkalibrasikan jaraknya untuk menginformasikan kepada pengendara untuk mengambil langkah-langkah antisipatif dalam berkendara.

Kedepannya, TSS akan terintegrasi dengan fitur Intelligent Clearence Sonar (ICS), yakni sistem radar model baru yang diklaim Toyota akan mereduksi insiden tabrakan hingga 90%. Artinya fitur keselamatan berkendara ini akan berfungsi sebagai pemantau bahaya yang mungkin muncul setiap saat.

Toyota mengungkapkan akan mulai mengaplikasikan Toyota Safety Sense ini mulai tahun depan di beberapa modelnya. Meski secara garis besar sensor yang digunakan masih sama, namun daya jangkaunya jadi lebih luas. Fungsinya juga ditambah dan produk dibuat lebih ringkas, sehingga mudah diaplikasikan di semua model.

Salah satu fitur yang ada di TSS terbaru adalah pendeteksi penyeberang jalan atau pesepeda. Sistem ini digadang-gadang mampu mendeteksi lingkungan sekitar meski sedang melaju di kecepatan hingga 80 km/jam.